Pengembangan media wheek of fortune untuk keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 6 Malang / Lolita Widya Ningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media wheek of fortune untuk keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 6 Malang / Lolita Widya Ningrum

Ningrum, Lolita Widya (2016) Pengembangan media wheek of fortune untuk keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 6 Malang / Lolita Widya Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ningrum Lolita Widya. 2016. Pengembangan Media Wheel of Fortune untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI Bahasa SMA Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Rizman Usman M.Pd. Kata kunci Media Pembelajaran Wheel of Fortune Keterampilan Berbicara Keterampilan berbicara merupakan kemampuan seseorang dalam mengekspresikan menyatakan serta menyampaikan ide pikiran gagasan atau isi hati kepada orang lain dengan menggunakan bahasa lisan yang dapat dipahami oleh orang lain. Bahasa yang dimaksud dalam penelitian ini adalah bahasa Jerman. Berdasarkan pengamatan peneliti pada saat melakukan Kajian Pengalaman Lapangan (KPL) di SMA Negeri 6 Malang pada bulan September-Oktober tahun 2015 pembelajaran bahasa Jerman pada semua tingkatan kelas belum maksimal. Salah satu faktor yang memengaruhi keberhasilan pembelajaran adalah media pembelajaran. Oleh karena itu perlu dikembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat mendukung keberhasilan pembelajaran bahasa Jerman. Media yang dikembangkan adalah media berupa permainan untuk melatih berbicara dan menjawab pertanyaan yang dikemas secara menarik untuk digunakan pada pembelajaran bahasa Jerman di kelas. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan mengadaptasi model desain pengembangan pembelajaran Borg and Gall (1989). Prosedur yang dilakukan melalui 8 langkah yang meliputi penelitian dan pengumpulan informasi tahap awal perencanaan pengembangan format produk tahap awal validasi produk awal revisi produk tahap awal uji coba kelompok kecil revisi produk dan uji coba kelompok besar. Sebelum uji produk media divalidasi terlebih dahulu oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba produk dilaksanakan melalui dua tahap yaitu uji coba kelompok kecil pada empat siswa dan uji coba kelompok besar pada 19 siswa kelas XI Bahasa. Data diperoleh melalui angket dan dianalisis menggunakan teknik prosentase. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa media Wheel of Fortune dapat menarik siswa untuk belajar berbicara bahasa Jerman. Dari hasil keseluruhan analisis uji coba dari ahli media ahli materi uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar diperoleh rata-rata persentase sebesar 89.67 %. Hal ini menunjukkan bahwa media Wheel of Fortune layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Jerman siswa kelas XI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12030

Actions (login required)

View Item View Item