Analisis kesalahan gramatika bahasa Jerman dalam karangan siswa kelas XI SMAN 1 Batu / Nanda Nurfira Anisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan gramatika bahasa Jerman dalam karangan siswa kelas XI SMAN 1 Batu / Nanda Nurfira Anisa

Anisa, Nanda Nurfira (2016) Analisis kesalahan gramatika bahasa Jerman dalam karangan siswa kelas XI SMAN 1 Batu / Nanda Nurfira Anisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anisa Nanda Nurfira. 2016. Analisis Kesalahan Gramatika Bahasa Jerman dalam Karangan Siswa Kelas XI SMAN 1 Batu. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Rosyidah M.Pd Kata Kunci analisis kesalahan gramatika karangan siswa. Dalam latihan menulis yang diberikan oleh guru masih terlihat kesalahan-kesalahan gramatika yang dibuat oleh siswa kelas XI SMAN 1 Batu. Berdasarkan penjelasan tersebut dilakukan penelitian mengenai kesalahan gramatika bahasa Jerman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan gramatika yang dibuat oleh siswa dan mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan penggunanya. Dalam penelitian ini digunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas XI Lintas Minat SMAN 1 Batu yang berjumlah 23 orang dan tulisan siswa tersebut. Data penelitian ini adalah kalimat siswa yang salah secara gramatikal dengan tema Familie. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan wawancara. Adapun instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sedangkan instrumen pendukung adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa masih melakukan kesalahan gramatika. Dari tulisan siswa ditemukan 7 (tujuh) bentuk kesalahan yaitu (a) kesalahan konjugasi verba (b) kesalahan posisis verba (c) kesalahan deklinasi (d) kesalahan negasi (e) kesalahan preposisi (f) kesalahan pemilihan kata dan (g) kesalahan ortografi. Adapun faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan gramatika yaitu (a) kurangnya pemahaman siswa terhadap meteri gramatika (b) kurangnya konsentrasi siswa saat mengerjakan soal (c) seringnya siswa lupa penggunaan gramatika (d) siswa tidak mengetahui arti dari sebuah kalimat saat mengerjakan tugas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12028

Actions (login required)

View Item View Item