Pengembangan media video animasi go perfecto! untuk pembelajaran tata bahasa Jerman materi perfekt kelas XII Bahasa SMAN 3 Madiun / Uzaimatul Bariroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video animasi go perfecto! untuk pembelajaran tata bahasa Jerman materi perfekt kelas XII Bahasa SMAN 3 Madiun / Uzaimatul Bariroh

Bariroh, Uzaimatul (2016) Pengembangan media video animasi go perfecto! untuk pembelajaran tata bahasa Jerman materi perfekt kelas XII Bahasa SMAN 3 Madiun / Uzaimatul Bariroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bariroh Uzaimatul. 2016. Pengembangan Media Video Animasi Go Perfecto Untuk Pembelajaran Tata Bahasa Jerman Materi Perfekt Kelas XII Bahasa SMAN 3 Madiun. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing M. Kharis S.Pd. M.Hum. Kata kunci media pembelajaran video animasi Go Perfecto Perfekt. Penelitian dan pengembangan media ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi Go Perfecto . Pengembangan media difokuskan sebagai media penunjang dalam pengajaran Bahasa Jerman untuk materi Perfekt di SMA Negeri 3 Madiun. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan mengadaptasi model desain pengembangan pembelajaran Sugiyono (2011). Prosedur yang dilakukan melalui 7 langkah yang meliputi potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba pemakaian dan revisi produk. Media divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba dilaksanakan melalui tahap uji coba pada 15 siswa kelas XII bahasa SMAN 3 Madiun. Data diperoleh melalui angket. Setelah melalui tahapan pengembangan dihasilkan produk media pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Sparkol sehingga bisa dioperasikan melalui handphone dan laptop. Media pembelajaran video animasi Go Perfecto ini memiliki durasi enam menit 19 detik. Media ini terdiri dari pembuka materi penjelasan tentang pembentukan Perfekt menggunakan haben atau sein dan daftar Verben Partizip II. Selanjutnya juga terdapat soal latihan. Berdasarkan hasil angket ahli media media ini valid dengan persentase (82 8%). Sementara itu berdasarkan hasil angket ahli materi 1 dan ahli materi 2 media ini valid dengan masing-masing persentase (83 9%) dan (94 6%). Dari ketiga hasil tersebut diperoleh rata-rata persentase sebesar (87 1%). Hasil angket dari siswa kelas XII Bahasa di SMAN 3 Madiun menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi Go Perfecto ini menarik baik dari segi tampilan maupun audio. Siswa merasa lebih termotivasi untuk belajar bahasa Jerman dengan menggunakan media ini. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Jerman. Media pembelajaran video animasi Go Perfecto layak digunakan sebagai media pada materi Perfekt.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12026

Actions (login required)

View Item View Item