Kesalahan analisis kalimat Bahasa Jerman dengan pendekatan tata bahasa tradisional mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang pada matakuliah Deutsche Syntax / Achmad Andyka

Andyka, Achmad (2016) Kesalahan analisis kalimat Bahasa Jerman dengan pendekatan tata bahasa tradisional mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang pada matakuliah Deutsche Syntax / Achmad Andyka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andyka, Achmad. 2016. Kesalahan Analisis Kalimat Bahasa Jerman dengan Pendekatan Tata Bahasa Tradisional Universitas Negeri Malang pada Matakuliah Deutsche Syntax. Skripsi. Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Deddy Kurniawan, S.Pd., M.A. Kata Kunci: analisis kalimat, tata bahasa tradisional, Deutsche Syntax Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan mahasiswa Prodi Bahasa Jerman dalam menganalisis kalimat bahasa Jerman dengan pendekatan tata bahasa tradisional dan mengidentifikasi faktor-faktor penyebabnya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2013 offering A dan B yang menempuh matakuliah Deutsche Syntax dengan jumlah 38 mahasiswa. Data dalam penelitian ini berupa hasil analisis kalimat bahasa Jerman atau hasil identifikasi kategori sintaksis dan fungsi sintaksis dan hasil wawancara dengan mahasiswa sebagai data pendukung. Peneliti menggunakan dua instrumen pendukung, yaitu: perangkat tes dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan kesalahan-kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menganalisis kalimat bahasa Jerman, yaitu: (1) kesalahan identifikasi kategori sintaksis dan (2) kesalahan identifikasi fungsi sintaksis. Berdasarkan kategori sintaksis, mahasiswa melakukan banyak kesalahan dalam mengidentifikasi Nominalphrase, namun dalam mengidentifikasi Verbalphrase dan Adjektivphrase tidak terlalu banyak kesalahan. Berdasarkan fungsi sintaksis, mahasiswa masih melakukan banyak kesalahan identifikasi. Kesalahan identifikasi fungsi sintaksis meliputi: Subjekt, Pr?ñdikat, Pr?ñdikativum, pr?ñpositionales Objekt, Objekt, Adverbiale, dan Angabe. Faktor penyebab mahasiswa melakukan kesalahan identifikasi adalah (1) kurang memahami kategori sintaksis dan fungsi sintaksis, (2) kurang memahami konsep struktur kalimat bahasa Jerman, (3) kurang memahami kosa kata bahasa Jerman, (4) kurang berlatih menganalisis kalimat bahasa Jerman, dan (5) kurang teliti dalam mengerjakan soal analisis kalimat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12023

Actions (login required)

View Item View Item