Penerapan konsep kecerdasan majemuk (multiple intelligences) Howard Gardner dalam pembelajaran bahasa Jerman di SMAN 1 Tumpang / Ratih Kusuma Devi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan konsep kecerdasan majemuk (multiple intelligences) Howard Gardner dalam pembelajaran bahasa Jerman di SMAN 1 Tumpang / Ratih Kusuma Devi

Devi, Ratih Kusuma (2016) Penerapan konsep kecerdasan majemuk (multiple intelligences) Howard Gardner dalam pembelajaran bahasa Jerman di SMAN 1 Tumpang / Ratih Kusuma Devi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusuma Devi Ratih. 2016. Penerapan Konsep Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Howard Gardner Dalam Pembelajaran Bahasa Jerman di SMAN 1 Tumpang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Desti Nur Aini S.S. M.Pd. Kata kunci kecerdasan pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan konsep kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences) Howard Gardner dalam pembelajaran bahasa Jerman di SMAN 1 Tumpang melalui kecerdasan linguistik (word smart) kecerdasan musikal (music smart) dan kecerdasan visual-spasial (picture smart). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti bertindak sebagai pengumpul data dan observer parsitipatif dalam mengumpulkan data-data di lapangan yaitu di kelas X Bahasa dan Budaya 2 SMAN 1 Tumpang. Prosedur pengumpulan data meliputi angket observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu data disajikan apa adanya sesuai dengan keadaan. Untuk pengecekan keabsahan data dari penelitian ini peneliti melakukan triangulasi yaitu diskusi dengan dosen pembimbing. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran dengan konsep kecerdasan majemuk (Multiple Intelligences) baru pertama kali diterapkan dalam pembelajaran bahasa Jerman di SMAN 1 Tumpang (2) kecenderungan kecerdasan 36 siswa di kelas X Bahasa dan Budaya 2 menonjol pada kecerdasan musikal (music smart) (3) instruksi yang baik menentukan seberapa baik pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan dan hasil kerja siswa (4) pendekatan kepada siswa sangat penting dilakukan mengingat seluruh siswa memiliki kecerdasan dan cara belajar yang berbeda sehingga menjadikan suasana belajar lebih nyaman (5) dengan adanya permainan yang memfokuskan pada satu kecerdasan siswa jadi lebih terlatih dalam memaksimalkan maupun meningkatkan kecerdasan yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12019

Actions (login required)

View Item View Item