Pengembangan modul pembelajaran keterampilan membaca danb menulis bahasa Jerman tema Shule untuk siswa kelas X SMA Brawijaya Smart School / Lusi Dwi Megawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran keterampilan membaca danb menulis bahasa Jerman tema Shule untuk siswa kelas X SMA Brawijaya Smart School / Lusi Dwi Megawati

Megawati, Lusi Dwi (2016) Pengembangan modul pembelajaran keterampilan membaca danb menulis bahasa Jerman tema Shule untuk siswa kelas X SMA Brawijaya Smart School / Lusi Dwi Megawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dwi Megawati Lusi. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Keterampilan Membaca dan Menulis Bahasa Jerman Tema Schule untuk Siswa Kelas X SMA Brawijaya Smart School. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.Pembimbing Iwa Sobara S.Pd. M.A. Kata Kunci pengembangan modul pembelajaran bahasa Jerman Modul merupakan suatu paket bahan ajar mandiri yang berisikan materi dan latihan yang disusun secara sistematis sehingga siswa dapat mengetahui dan memperbaiki kesalahan serta mengevaluasi hasil belajarnya. Berdasarkan hasil observasi sebelum pengembangan modul diketahui bahwa siswa SMA Brawijaya Smart School tidak memiliki buku ajar bahasa Jerman. Siswa hanya belajar dengan materi yang disampaikan oleh guru di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran keterampilan bahasa Jerman agar modul ini dapat dijadikan alternatif bahan ajar. Selain itu modul juga dapat digunakan siswa belajar secara mandiri. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Data yang dihasilkan berupa data kualitatif dengan didukung data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil angket validator sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil observasi uji coba lapangan dan wawancara dengan siswa SMA Brawijaya Smart School. Modul pembelajaran ini telah divalidasi oleh dua orang validator yaitu ahli materi dan ahli desain. Kemudian modul pembelajaran ini diterapkan di kelas X SMA Brawijaya Smart School. Berdasarkan hasil validasi ahli materi modul sudah valid dengan persentase (90%). Sementara itu ahli desain berpendapat bahwa modul valid dengan persentase(71 8%). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran bahasa Jerman dapat diujicobakan dengan memerlukan sedikit revisi. Berdasarkan hasil observasi pada saat uji coba modul menunjukkan bahwa siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran bahasa Jerman. Dari hasil wawancara dengan siswa diperoleh keterangan bahwa modul pembelajaran ini adalah modul yang bagus dan sangat membantu dalam melatih kemampuan bahasa Jerman siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12018

Actions (login required)

View Item View Item