Penerapan mind map (peta pikiran) sebagai teknik pembelajaran aktif dan aktif dan kreatif untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Lumajang / Risca Imelia Wahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan mind map (peta pikiran) sebagai teknik pembelajaran aktif dan aktif dan kreatif untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Lumajang / Risca Imelia Wahyudi

Wahyudi, Risca Imelia (2016) Penerapan mind map (peta pikiran) sebagai teknik pembelajaran aktif dan aktif dan kreatif untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Lumajang / Risca Imelia Wahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyudi Risca Imelia. 2016. Penerapan Mind Map (Peta Pikiran) sebagai Teknik Pembelajaran Aktif dan Kreatif untuk Melatih Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Lumajang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Pembimbing Iwa Sobara S.Pd M.A. Kata Kunci mind map teknik pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman Mind map adalah teknik belajar kreatif yang efektif untuk mengembangkan ide dengan menggunakan berbagai citra visual yang tersusun sistematis. Pada pembelajaran bahasa Jerman khususnya keterampilan berbicara diperlukan suatu teknik pembelajaran kreatif yang dapat memberikan motivasi kepada peserta didik untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Jerman sesuai dengan imajinasi dan kreativitas masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan mind map untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Jerman dan respon peserta didik terhadap penerapan teknik tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Lumajang yang berjumlah 33 orang. Peneliti berperan sebagai instrumen kunci. Sementara itu angket dan lembar observasi berupa tabel penilaian keterampilan berbicara dan sikap digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Data dalam penelitian ini adalah aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung dalam penerapan mind map dan tanggapan peserta yang diperoleh dari angket atau kuesioner. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa mind map dapat membantu peserta didik merasa lebih sistematis dalam menyusun infomasi yang akan dibicarakan dengan tema keluarga (Familie) dapat mengingat rincian informasi secara lebih mudah ketika berbicara bahasa Jerman dengan menggunakan gambar (Bild) dan kata kunci (Stichw rter) sesuai imajinasi dan kreativitasnya serta cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran khususnya untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12016

Actions (login required)

View Item View Item