Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis flash dengan tema alltagsleben "Deutsch ist spannend" untuk siswa XI Lintas Minat SMAN 2 Malang / Fajerin Nur Syafitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis flash dengan tema alltagsleben "Deutsch ist spannend" untuk siswa XI Lintas Minat SMAN 2 Malang / Fajerin Nur Syafitri

Syafitri, Fajerin Nur (2016) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis flash dengan tema alltagsleben "Deutsch ist spannend" untuk siswa XI Lintas Minat SMAN 2 Malang / Fajerin Nur Syafitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syafitri Fajerin Nur. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash dengan Tema Alltagsleben Deutsch ist spannend untuk Siswa XI Lintas Minat SMAN 2 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing M. Kharis S.Pd. M.Hum. Kata Kunci Media Flash Alltagsleben Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis flash Deutsch ist spannend tema Alltagsleben disajikan dalam bentuk kosakata ungkapan-ungkapan komunikatif latihan berupa kuis dan permainan digital serta informasi singkat tentang negara Jerman. Selain itu materi-materi tersebut juga dilengkapi audio pelafalan dan video terkait subtema. Metode penelitian dan pengembangan ini deskriptif kualitatif dan memodifikasi model penelitian dan pengembangan Sugioyono (2011) menjadi 7 langkah. Media divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba produk dilaksanakan dalam dua tahap yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar pada kelas XI Lintas Minat. Data diperoleh dari angket dan dianalisis dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil analisis data dari ahli media diperoleh persentase sebesar 85%. Ahli materi I menilai media dengan persentase 90 3%. Sementara itu ahli materi II menilai media dengan persentase 92 3%. Pada analisis uji coba kelompok kecil hasil persentase yang diperoleh sebesar 84 5%. Hasil uji coba kelompok besar diperoleh hasil persentase sebesar 85 7%. Kelima hasil tersebut termasuk dalam kriteria kualifikasi sangat tinggi. Selain itu terdapat saran-saran perbaikan dari validator dan siswa. Saran dari ahli media terkait button instruksi penggunaan dan keterbacaan huruf. Sedangkan saran dari ahli materi terkait penulisan bentuk Plural penulisan adjektiv deklination penulisan transkrip video dan kelengkapan penyajian materi. Saran dari siswa terkait pemilihan background dan keterbacaan huruf. Dari hasil keseluruhan diperoleh rata-rata angka persentase sebesar 87 56% atau dalam kualifikasi sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis flash Deutsch ist spannend layak digunakan sebagai sumber belajar tema Alltagsleben.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12011

Actions (login required)

View Item View Item