Pengembangan video Stop Motion hans Im Cluck sebagai media pembelajaran Deutsche Literatur / Riski Ramdhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video Stop Motion hans Im Cluck sebagai media pembelajaran Deutsche Literatur / Riski Ramdhani

Ramdhani, Riski (2016) Pengembangan video Stop Motion hans Im Cluck sebagai media pembelajaran Deutsche Literatur / Riski Ramdhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramdhani Riski. 2016. Pengembangan Video Stop Motion Hans im Gl ck sebagai Media Pembelajaran Deutsche Literatur. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakutas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing M. Kharis S.Pd. M.Hum. Kata kunci pengembangan video stop motion Hans im Gl ck Deutsche Literatur Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video stop motion Hans im Gl ck untuk matakuliah Deutsche Literatur. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini memodifikasi model penelitian dan pengembangan Sugiyono. Prosedur penelitian yang dilakukan meliputi (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk dan (7) revisi produk. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah sebuah video animasi yang dibuat dengan menggunakan teknik animasi stop motion dengan durasi 11 menit 50 detik. Video stop motion ini merupakan visualisasi dan mengadaptasi dongeng (M rchen) Br der Grimm yang berjudul Hans im Gl ck. Media ini dikembangkan dengan menggunakan beberapa perangkat lunak yaitu Adobe Photoshop GoldWave dan Ulead VideoStudio 11. Selain itu dalam pembuatan narasi peneliti menggunakan ispeech.com. Video ini dikemas dalam bentuk keping CD dan dilengkapi narasi transkrip serta latihan soal. Data dalam penelitian ini terdiri dari data kuantitaif dan kualitatif. Data diperoleh dari angket yang disebar kepada validator dan subjek uji coba. Validator terdiri dari ahli media dan ahli materi. Subjek uji coba adalah seorang dosen dan mahasiswa Jurusan Sastra Jerman kelas A dan B angkatan 2012 yang menempuh matakuliah Deutsche Literatur. Berdasarkan analisis data video stop motion Hans im Gl ck mendapat persentase data sebesar 97 5% dari ahli media 88 5% dari ahli materi dan 89 9% dari subjek uji coba. Rata-rata persentase data keseluruhan yang diperoleh adalah 92%. Dengan demikian video stop motion Hans im Gl ck dapat digunakan sebagai media pendukung pembelajaran sastra sub topik M rchen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12010

Actions (login required)

View Item View Item