Perpaduan Meaningful-mathematics dengan Pseudo-mathematics pada Pembelajaran Matematika tingkat SD. - Repositori Universitas Negeri Malang

Perpaduan Meaningful-mathematics dengan Pseudo-mathematics pada Pembelajaran Matematika tingkat SD.

Rahardi, Rustanto and Irawan, Edy Bambang and Yunus, Mahmuddin (2013) Perpaduan Meaningful-mathematics dengan Pseudo-mathematics pada Pembelajaran Matematika tingkat SD. J-TEQIP, IV (2). pp. 129-139. ISSN 2087-538X

[img] Text
Perpaduan Meaning.pdf

Download (18MB)

Abstract

Survey 33 calon guru SD menunjukkan tidak mentahami pecahan. Survey dua orang guru SD, menunjukkan mereka bisa memaknai pecahan menggunakan bahan manipulatif (meaning/id-mathematics), mengoperasikan dua pecahan meng-gunakan prosedural saja (pseudo-mathematics) tetapi belum dapat memadukan meaningful-mathematics dengan pseudo-mathematics. Masalah pemaduan inilah yang menjadi kajian penelitian. Hasil kajian memberikan icon perpaduan mcliputi: (1) Memahamkan Kekekalan Luas, (2) Menerapkan tiga model representasi Jerome Bruner (enactive, iconic, dan symbolic); (3) Memberikan contoh-contoh sederhana terurut, dan (4) Menyimpulkan secara Induktif Uji coba dilakukan di SDN Bumiaji 02 Kota Batu dengan menerapkan Lesson Study.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Laporan Karya Ilmiah FMIPA
Depositing User: Library UM
Date Deposited: 14 Oct 2021 08:33
Last Modified: 13 Jun 2023 02:06
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1200

Actions (login required)

View Item View Item