Rahardi, Rustanto and Irawan, Edy Bambang and Yunus, Mahmuddin (2013) Perpaduan Meaningful-mathematics dengan Pseudo-mathematics pada Pembelajaran Matematika tingkat SD. J-TEQIP, IV (2). pp. 129-139. ISSN 2087-538X
![]() |
Text
Perpaduan Meaning.pdf Download (18MB) |
Abstract
Survey 33 calon guru SD menunjukkan tidak mentahami pecahan. Survey dua orang guru SD, menunjukkan mereka bisa memaknai pecahan menggunakan bahan manipulatif (meaning/id-mathematics), mengoperasikan dua pecahan meng-gunakan prosedural saja (pseudo-mathematics) tetapi belum dapat memadukan meaningful-mathematics dengan pseudo-mathematics. Masalah pemaduan inilah yang menjadi kajian penelitian. Hasil kajian memberikan icon perpaduan mcliputi: (1) Memahamkan Kekekalan Luas, (2) Menerapkan tiga model representasi Jerome Bruner (enactive, iconic, dan symbolic); (3) Memberikan contoh-contoh sederhana terurut, dan (4) Menyimpulkan secara Induktif Uji coba dilakukan di SDN Bumiaji 02 Kota Batu dengan menerapkan Lesson Study.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Laporan Karya Ilmiah FMIPA |
Depositing User: | Library UM |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 08:33 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 02:06 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1200 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |