Pengembangan modul pembelajaran individual mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan mencapai proklamasi kemerdekaan Indonesia untuk siswa kelas V semester II Sekolah Dasar oleh Fika Nurlaela - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran individual mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan mencapai proklamasi kemerdekaan Indonesia untuk siswa kelas V semester II Sekolah Dasar oleh Fika Nurlaela

Nurlaela, Fika (2010) Pengembangan modul pembelajaran individual mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan mencapai proklamasi kemerdekaan Indonesia untuk siswa kelas V semester II Sekolah Dasar oleh Fika Nurlaela. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Belajar akan berhasil apabila terjadi perubahanb aik dalam bentuk prestasi. Keberhasilabne lajart idak akanm udahd icapaoi lehs iswak arenaa dab eberapfaa ktor yang menghambayt akni l) hasil belajar siswa pada umumnyah anya sampaip ada tingkat terendah pada umurmya siswa belajar dengan teknik menghafal penjelasan dari guru atau dari buku 2) sumbr yang digunakan siswa terbatas pada per elasan guru dan dari buku-buku 3 ) dalamk egiatanb elajar m etodey ang digunakante rbatas pada cerarnah dan tanya jawab. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu digunakanm etoded an media pembelajaranin dividual. Salahs atu mediay ang dapat mefangsang siswa unhrk belajar secara numdiri adalah modul pernbelajaran. PembelajaraInlm u PengetahuaSn osial( IPS) di SD masihs eringd ijumpaig uru masih mendominasdi i kelas.M etodey ang digunakang uru masiht erbatasp adac eramahd an tanyaj awab dan mediay ang digunakanm asiht erbatasp adab uku teks. Hal ini tentu saja tidak sesuai dengan pandangan social science education (dalun Pramestari 1997 5) yang memandang media pembelajaran sebagai bagian integral program pengajarani lmu sosial.Untuk itu peneliti tertadk untuk mengembanganm odul pembelajaranin dividual maa pelajaranI PS. Rumusanm asalahp engembangarnn i adalah apakah modul pembelajaran yang dikembangkan mempunyai kelayakan materi yang tinggi dan spesifikasiy ang memenuhki riteria sebagami ediay ang layak untukm eningkatkapnr estaspi embelajaraInP S siswaS D kelasV Tujuanp engembangainni adalahm enghasilkamn odulp embelajarayna ng memilikik elayakanm ateriy anCt ingg dans pesifikasyi angm emenuhki riteria sebagami ediay anglayaku ntukm eningkatkanp restaspi embelajaraInP S siswaS D kelasV . Spesifikaspi roduky angd ikembangkaand alahm odulp embelajaraInP S pokokb ahasanp erjuanganm encapapi roklamaski emerdekaaInn donesiau ntuks iswa kelasV semesteIrI SD yangt erdiri dari l) judul ataut opik 2) identitasp rogram 3 ) katapengantar 4p) etunjuku mump enggunaan modu5l) penqjuk khususm odul yangt erdiri dari htjuanu mump embelajarantu juank fiususp embelajaranw akhq kemampuapnr asyaratp okok-pokoki si pembelajaranc a rak erja 6) bahan pembelajaran 7r)a ngkunaq 8) soall atihaq 9)lembarjawabans isw4 l0) kunci jawabans oall atihan p edomanp enilaiand ank riteria keberhasilan. Prosedur pengembanganm odul pembelajarani ndividual ini meliputi 1) identifikasi hrjuan pembelajaran 2 ) analisis hrjuan pembelajaran 3 ) identifikasi perilaku masukan dan karakteristik siswa 4) rrerumuskan hrjuan pembelajara4 5) mengembangkabnu tir evaluasi 6 ) produksi 7 ) validasi 8 ) uji coba modul 9 ) revisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item View Item