Penerapan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar sains siswa kelas IV semester VII tahun ajaran 2006/2007 SDN Sumber Sekar II Dau Malang / Lisdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar sains siswa kelas IV semester VII tahun ajaran 2006/2007 SDN Sumber Sekar II Dau Malang / Lisdiana

Lisdiana (2009) Penerapan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar sains siswa kelas IV semester VII tahun ajaran 2006/2007 SDN Sumber Sekar II Dau Malang / Lisdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran akan lebih bermakna bagi siswa apabila guru menghadirkan situasi nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Strategi pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil belajar. Hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa untuk memecahkan persoalan berpikir kritis dan melaksanakan observasi serta menarik kesimpulan. Agar siswa dapat belajar lebih efektif maka dapat diterapkan pendekatan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan apakah penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sains di SDN Sumber Sekar II Dau Malang 2) Mendeskripsikan apakah penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains di SDN Sumber Sekar II Dau Malang 3) Mendeskripsikan apakah penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan performansi guru pada mata pelajaran sains di SDN Sumber Sekar II Dau Malang. Untuk mencapai maksud tersebut maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sumber Sekar II Dau Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi angket motivasi dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pendekatan kontekstual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari perolehan jumlah siswa yang menjawab sangat setuju dan setuju apabila pendekatan kontekstual mampu meningkatkan motivasi belajar jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan yang menjawab kurang setuju dan tidak setuju (2) pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dalam bidang studi Sains. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata skor siswa dari hasil tes pada masing-masing tahap yaitu pada rata-rata skor hasil tes awal 57 14 meningkat menjadi 77 62 pada siklus I sedangkan pada siklus II rata-rata skor sudah dapat mengalami peningkatan sebesar 10 yaitu dari rata-rata skor 77 62 menjadi 87 62. Jadi peningkatan rata-rata skor hasil belajar dari tes awal sampai Siklus II adalah sebesar 30 48 dan (3) pendekatan kontekstual dapat meningkatkan performansi guru dalam bidang studi Sains. Hal ini terbukti dari kemampuan guru memvariasikan metode dalam pembelajaran dan meningkatnya kemampuan guru dalam memilih bahan dan media pembelajaran. Dari berbagai temuan dalam penelitian ini disampaikan beberapa saran (1) Agar motivasi belajar siswa dapat meningkat terus hendaknya penerapan pendekatan kontekstual tidak hanya diterapkan pada mata pelajaran sains tetapi juga dapat diterapkan pada mata pelajaran yang lain (2) Agar hasil belajar siswa dapat meningkat terus hendaknya penerapan pendekatan kontekstual tidak hanya diterapkan pada mata pelajaran sains tetapi juga dapat diterapkan pada mata pelajaran yang lain (3) Agar performansi guru dapat meningkat terus hendaknya guru yang belum menerapkan pendekatan kontekstual dapat berdiskusi dengan guru yang telah menerapkan pendekatan kontekstual agar semua guru mampu menerapkan pendekatan kontekstual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12

Actions (login required)

View Item View Item