Penerapan pembelajaran kontekstual metode bermain peran pada matakuliah konversation I / Priska Widya Kartika - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual metode bermain peran pada matakuliah konversation I / Priska Widya Kartika

Kartika, Priska Widya (2009) Penerapan pembelajaran kontekstual metode bermain peran pada matakuliah konversation I / Priska Widya Kartika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran yang bersifat student center dimana pembelajar menjadi penentu keberhasilan proses belajar mengajar. Hal tersebut tercermin dalam 7 komponen pembelajaran kontekstual yakni konstruktivisme inkuiri permodelan bertanya masyarakat belajar refleksi dan penilaian otentik dalam hal ini mahasiswa belajar melalui peran sosial. Pembelajaran ini membantu mahasiswa menyerap materi melalui kebermaknaan dalam materi ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan hasil penerapan pembelajaran kontekstual metode bermain peran pada matakuliah konverstation I serta untuk mengetahui hasil pengembangan keterampilan berbicara mahasiswa secara mandiri. Metode Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bersifat naturalistik dengan3 tahapan teknik analisis data deskriptif yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data adalah mahasiswa yang sedang menempuh matakuliah Konverstation I yaitu 27 mahasiswa angkatan 2007 dan 1 orang mahasiswa angkatan 2004. Data yang diteliti adalah hasil observasi aktivitas belajar mahasiswa kemunculan 7 komponen CTL selama penerapan metode berlangsung respon masiswa dan hasil belajar mahasiswa baik keterampilan berbicara maupun tugas tertulis. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2008/2009 di Jurusan Sastra Jerman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual metode bermain peran dapat meningkatkan keaktifan berbicara bahasa Jerman mahasiswa. Hal tersebut terbukti dari hasil pengamatan dan dokumentasi vidio di mana mahasiswa terlihat aktif mengikuti proses belajar mengajar yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11997

Actions (login required)

View Item View Item