Penerapan metode "lernstationen" pada matakuliah konversation 1 di Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Pipit Sugianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode "lernstationen" pada matakuliah konversation 1 di Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Pipit Sugianto

Sugianto, Pipit (2009) Penerapan metode "lernstationen" pada matakuliah konversation 1 di Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Pipit Sugianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran kooperatif adalah proses pembelajaran dalam kelompok-kelompok kecil yang melibatkan mahasiswa dapat belajar dan bekerjasama untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Hal tersebut dapat mendorong mahasiswa untuk belajar bekerja dan bertanggung jawab.Pembelajaran kooperatif memiliki beberapa metode pembelajaran yang biasa dipakai salah satunya adalah metode Lernstationen . Metode Lernstationen merupakan suatu kerja kelompok yang terdiri dari beberapa anggota yang diberi materi untuk didiskusikan dalam kelompok dan disebarkan kepada kelompok-kelompok lain. Mahasiswa saling membantu dan membandingkan informasi-informasi yang diperoleh dari anggota kelompok lain. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan metode Lernstationen dan mengetahui ada tidaknya implikasi terhadap nilai mahasiswa pada matakuliah Konversation 1. Penelitian dilaksanakan di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang.Sumber data yang digunakan adalah seluruh mahasiswa yang sedang mengikuti matakuliah Konversation 1. Untuk mendapatkan data instrumen yang digunakan adalah lembar observasi angket respon dosen dan mahasiswa dan lembar nilai mahasiswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Lernstationen merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan agar mahasiswa lebih banyak berbicara bahasa Jerman. Dengan metode tersebut proses belajar mengajar lebih menyenangkan sehingga nilai prestasi mahasiswa pun meningkat. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar metode ini dapat diterapkan di kelas lain yang mempunyai karakteristik yang sama dan sekaligus menggunakan penelitian ini sebagai dasar penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11993

Actions (login required)

View Item View Item