Penerapan pembelajaran kontekstual metode inkuiri bahasa Jerman di kelas X SMKN 11 Malang / Erika Ariandani

Ariandani, Erika (2009) Penerapan pembelajaran kontekstual metode inkuiri bahasa Jerman di kelas X SMKN 11 Malang / Erika Ariandani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran kontekstual merupakan suatu konsep strategi pembelajaran yang membantu guru menghubungkan isi pelajaran dengan situasi dunia nyata ke dalam kelas dan memotivasi siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan aplikasinya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Pembelajaran kontekstual memiliki beberapa metode pembelajaran yang bisa dipakai, salah satunya adalah metode inkuiri. Metode inkuiri adalah kegiatan pembelajaran oleh siswa yang menekankan pada proses berpikir secara kritis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan, sedangkan guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing siswa dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kontekstual metode inkuiri dan hasil belajar siswa yang meliputi aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik yang muncul selama penerapan pembelajaran kontekstual metode inkuiri pada mata pelajaran bahasa Jerman di SMKN 11 Malang berlangsung. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-RPL SMKN 11 Malang, yaitu sebanyak 26 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan data, instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan monitoring evaluasi pelaksanaan pembelajaran kontekstual metode inkuiri, angket respon siswa, pedoman wawancara, tes, dan lembar penilaian hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran bahasa Jerman di SMKN 11 Malang kurang berhasil, meskipun metode yang diterapkan dapat memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif di kelas. Ketidakberhasilan dalam pelaksanaan metode ini lebih dikarenakan kurangnya latihan yang diberikan guru sebelum pelaksanaan tes. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan agar guru lebih banyak memberikan latihan pada siswa serta memaksimalkan penerapan prinsipprinsip pendekatan kontekstual metode inkuiri pada pelaksanaan pembelajaran berikutnya, agar pelaksanaan penerapan pembelajaran kontekstual dengan metode inkuiri ini dapat berhasil dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11991

Actions (login required)

View Item View Item