Penerapan Deutsch Interaktiv sebagai media pembelajaran mandiri untuk mahasiswa Sastra Jerman semester 3 Universitas Negeri Malang / Hafidza Cika Sadewinta - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan Deutsch Interaktiv sebagai media pembelajaran mandiri untuk mahasiswa Sastra Jerman semester 3 Universitas Negeri Malang / Hafidza Cika Sadewinta

Sadewinta, Hafidza Cika (2016) Penerapan Deutsch Interaktiv sebagai media pembelajaran mandiri untuk mahasiswa Sastra Jerman semester 3 Universitas Negeri Malang / Hafidza Cika Sadewinta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sadewinta Hafidza Cika. 2016. Penerapan Latihan Menyimak dalam Deutsch Interaktiv Deutsche Welle sebagai Media Pembelajaran Mandiri Mahasiswa Semester 3 Sastra Jerman Universitas Negeri Malang Tahun Angkatan 2014. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Rizman Usman M. Pd. (II) Desti Nur Aini S.S M. Pd. Kata Kunci menyimak media pembelajaran mandiri Deutsch Interaktiv Keterampilan menyimak merupakan keterampilan berbahasayang penting untuk menjalin komunikasi. Keterampilan menyimak merupakan keterampilan yang sukar bagi pembelajar bahasa Jerman semester 3 di Jurusan Satra Jerman Universitas Negeri Malang tahun angkatan 2014 maka dari itu diperlukan solusi yang tepat untuk mengatasi kesukaran tersebut.Deutsch Interaktivadalah media pembelajaran mandiri berbasis internet yang dapat digunakan oleh dosen bahasa Jerman untuk memotivasi mahasiswa melaksanakan pembelajaran. Variasi materi latihan menyimakdan visual yang menarik akan memotivasi mahasiswa untuk belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Deutsch Interaktiv sebagai media pembelajaran mandiri pada matakuliah Deutsch III untuk kemampuan menyimak bahasa Jerman mahasiswa Offering A tahun angkatan 2014 serta mengetahui kelebihan dan kekurangan media Deutsch Interaktiv. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan instrumen pedoman observasi angket dan dokumentasi sedangkan sumber data pada penelitian ini adalah aktivitas respon dan tanggapan mahasiswa menggunakan media Deutsch Interaktiv olehmahasiswa Jurusan Sastra Jerman Offering Atahun angkatan 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan latihan menyimakdalam Deutsch Interaktiv sebagai media pembelajaran mandiri dapat berjalan dengan baik dan mahasiswa tertarik dalam mengikuti pembelajaran keterampilan menyimak. Media pembelajaran mandiri Deutsch Interaktiv memiliki beberapa kelebihan yang membuat pembelajaran menyimak menjadi mudah dipahami dan suasana belajar menjadi lebih efektif serta kondusif. Di samping beberapa kelebihan yang dimiliki terdapat juga kekurangan dalam media ini yaitu sifatnya satu arah dan harus diakses menggunakan internet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11984

Actions (login required)

View Item View Item