Pengaruh prior knowledge bahasa Inggris terhadap kemampuan berbicara bahasa Jerman mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Devie Jane Im Aquariesta Rizki Arlind - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh prior knowledge bahasa Inggris terhadap kemampuan berbicara bahasa Jerman mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Devie Jane Im Aquariesta Rizki Arlind

Arlind, Devie Jane Im Aquariesta Rizki (2016) Pengaruh prior knowledge bahasa Inggris terhadap kemampuan berbicara bahasa Jerman mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang / Devie Jane Im Aquariesta Rizki Arlind. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arlind Devie Jane Im Aquariesta Rizki. 2015. Pengaruh Prior Knowledge Bahasa Inggris terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Jerman Mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Tiksno Widyatmoko Drs. M.A. (II) M. Kharis S.Pd. M.Hum. Kata Kunci prior knowledge kemampuan berbicara Pembelajaran bahasa Inggris telah didapat oleh masyarakat Indonesia sejak dini baik secara formal maupun informal. Sedangkan pembelajaran bahasa Jerman biasanya baru diperoleh ketika sekolah menengah atas. Bagi beberapa mahasiswa Jurusan sastra Jerman bahasa Inggris sebagai pengetahuan awal dapat menguntungkan bagi pembelajaran bahasa Jerman tetapi juga dapat mengganggu pembelajaran bahasa Jerman yang merupakan informasi baru khususnya pada kemampuan berbicara mahasiswa Jurusan Sastra Jerman yang belum pernah mendapatkan pembelajaran bahasa Jerman sebelum memasuki perkuliahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh prior knowledge bahasa Inggris terhadap kemampuan berbicara bahasa Jerman mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan tahun 2013 Universitas Negeri Malang. Jenis penelitian ini adalah korelasi kualitatif. Data diambil melalui angket yang diberikan kepada seluruh mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan tahun 2013 Universitas Negeri Malang. Kemudian diperoleh sumber data yang diinginkan yaitu mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan tahun 2013 Universitas Negeri Malang yang belum pernah mendapatkan pembelajaran bahasa Jerman sebelum memasuki perkuliahan dan mengikuti matakuliah Konversation I. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh hasil data penelitian ini digunakan wawancara dan tes lisan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif. Hasil wawancara menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan tahun 2013 tidak terpengaruh oleh bahasa Inggris saat berbicara menggunakan bahasa Jerman. Namun hasil tes lisan membuktikan bahwa mahasiswa angkatan tahun 2013 masih terpengaruh oleh bahasa Inggris saat berbicara menggunakan bahasa Jerman. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kebanyakan mahasiswa jurusan Sastra Jerman angkatan tahun 2013 Universitas Negeri Malang yang belum pernah mendapatkan pembelajaran bahasa Jerman sebelumnya terpengaruh oleh bahasa Inggris sebagai prior knowledge atau pengetahuan awal terhadap kemampuan berbicara bahasa Jerman khususnya pada matakuliah Konversation I.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11982

Actions (login required)

View Item View Item