Pengaruh terapi okupasi menggunting terhadap peningkatan motorik halus anak autis di SLB Laboratorium Universitas Negeri Malang / Riza Mahdalena

Mahdalena, Riza (2019) Pengaruh terapi okupasi menggunting terhadap peningkatan motorik halus anak autis di SLB Laboratorium Universitas Negeri Malang / Riza Mahdalena. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahdalena, Riza. 2019. Pengaruh Terapi Okupasi Menggunting Terhadap Peningkatan Motorik Halus Anak Autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. M. Shodiq AM, M.Pd. (2) Dr. Henry Praherdhiono, S.Si, M.Pd. Kata Kunci: Terapi Okupasi Menggunting, Motorik Halus, Siswa Autis Motorik halus adalah kegiatan yang melibatkan fungsi kerjanya bagian-bagian tubuh tertentu menggunakan sekelompok otot-otot kecil, yang tidak banyak membutuhkan tenaga tetapi sering membutuhkan kecermatan dan koordinasi tangan untuk mengerjakan suatu objek, meliputi menggunting, menulis, menggambar, dan mengancingkan baju. Motorik halus diberikan kepada siswa autis berdasarkan kemampuan dan karakteristik yang dimiliki, sehingga tidak bisa disamakan dengan tingkatan kelas seperti kelas reguler. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Menganalisis kemampuan motorik halus anak Autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang sebelum keterampilan menggunting diterapkan, (2) Menganalisis kemampuan motorik halus anak Autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang setelah keterampilan menggunting diterapkan, dan (3) Menguji pengaruh keterampilan menggunting pada motorik halus anak Autis di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dalam bentuk rancangan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A dimana A merupakan Baseline dan B merupakan Intervensi. Prosedur A-B-A meliputi pengumpulan data target behavior pada konsidi baseline-1 (A1). Setelah data menjadi stabil pada kondisi baseline, kemudian intervens diberikan sampai data mencapai trend dan level yang jelas. Kemudian fase baseline diulang kembali pada subjek penelitian yang sama. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SLB Autis Laboratorium UM dengan subjek bernama Bagas dan Marco. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi yang dilakukan semenjak masa KPL dan tes praktik berupa kegiatan menggunting. Dalam pembuatan tes praktik motorik halus, peneliti menyesuaikan dengan kisi-kisi instrumen yang telah dibuat sebelumnya. Analisis data yang digunakan berupa visual grafik dan dianalisis berdasarkan komponen-komponen setiap fase A-B-A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) mean level pada fase baseline-1 (A1) sebesar 75% dan level perubahan 0% yang menunjukkan hasil yang rendah pada nilai Bagas, sedangkan mean level 83,3% dan level perubahan -6,25% yang menunjukkan hasil yang rendah pada nilai Marco. 2) mean level pada fase intervensi menurun menjadi 65% dan level perubahan +12,5% yang menunjukkan hasil yang tinggi pada nilai Bagas, sedangkan mean level 81,25% dan level perubahan +18,75% yang menunjukkan hasil yang tinggi pada nilai Marco. 3) mean level pada fase baseline-2 mengalami peningkatan menjadi 81,25% dan level perubahan 0% yang menunjukkan hasil yang rendah pada nilai Bagas, sedangkan mean level 91,7% dan level perubahan 0% yang menunjukkan nilai yang rendah pada nilai Marco. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terapi okupasi menggunting memberikan pengaruh terhadap peningkatan motorik halus anak autis kelas VIII di SLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang, sehingga saran kepada Kepala Sekolah, guru, dan peneliti selanjutnya untuk melakukan terapi okupasi menggunting yang sesuai dalam meningkatkan motorik halus siswa autis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119814

Actions (login required)

View Item View Item