Pengaruh penggunaan media dadu bergambar terhadap pemahaman kosakata siswa autis di SMPLB Putra Jaya / Mochamad Syafii - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media dadu bergambar terhadap pemahaman kosakata siswa autis di SMPLB Putra Jaya / Mochamad Syafii

Syafii, Mochamad (2019) Pengaruh penggunaan media dadu bergambar terhadap pemahaman kosakata siswa autis di SMPLB Putra Jaya / Mochamad Syafii. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syafii Mochamad. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Dadu Bergambar Terhdap Pemahaman Kosakata Siswa Autis di SMPLB Putra Jaya. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si (2) Dr. Asep Sunandar S.Pd M.AP Kata Kunci Dadu bergambar pemahaman kosakata autis Salah satu hambatan yang dialami oleh anak autis dalam aspek komunikasinya seperti yang diungkapkan oleh Cahyani (2017 2) Anak autis yang mengalami hambatan atau gangguan dalam bidang komunikasinya terjadi disebabkan adanya gangguan dalam perkembangan bahasanya . Komunikasi secara terminoligis berarti penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang pada orang lain sebagai konsekuensi dari hubungan sosial. Untuk melakukan suatu komunikasi diperlukan pemahaman kosakata yang baik Khususnya bagi anak autis non-verbal pemahaman kosakata sangat diperlukan oleh mereka agar mereka dapat lebih mudah dalam berkomunikasi walaupun menggunakan komunikasi non verbal. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut 1.Untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman kosakata siswa autis SMPLB Putra Jaya Malang sebelum diberikan media dadu bergambar. 2. Untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman kosakata siswa autis kelas Putra Jaya Malang setelah diberikan media dadu bergambar. 3. Untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media dadu bergambar terhadap ingkat pemahaman kosakata siswa autis SMPLB Putra Jaya Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen SSR (Single Subject Research) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah siswa autis berjenis kelamin laki-laki. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes praktek dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh media dadu bergambar terhadap kemampuan pemahaman kosakata siswa autis . Ditunjukkan dengan skor pada kondisi baseline 1 berkisar 43%-48% kondisi intervensi berkisar antara 70%-80% dan pada kondisi baseline 2 berkisar 77%-83%. Serta ditunjukkan dengan perhitungan overlape kondisi baseline 1 (A1) ke kondisi intervensi (B) yaitu sebesar 0%. Bedasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media dadu bergambar dapat meningkatkan pemahaman kosakata siswa autis di SMPLB Putra Jaya. Saran 1.Guru diharapkan mampu meningkatkan pemahaman kosakata pada siswa autis yang mengalami hambatan pada komunikasi verbal menggunakan dadu bergambar sehingga dapat membantu siswa berkomunikasi. 2. Peneliti selanjutya diharapkan dapat mengembangkan media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman kosakata siswa autis yang mengalami hambatan pada komunikasi verbal. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan pelayan yang optimal sesuai dengan karakteristik anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119813

Actions (login required)

View Item View Item