Pengembangan media KABITARU dengan manually coded English untuk meningkatkan pelafalan bahasa Inggris siswa tunarungu di SMPLB Kota Malang / Risa Safira Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media KABITARU dengan manually coded English untuk meningkatkan pelafalan bahasa Inggris siswa tunarungu di SMPLB Kota Malang / Risa Safira Ramadhani

Ramadhani, Risa Safira (2020) Pengembangan media KABITARU dengan manually coded English untuk meningkatkan pelafalan bahasa Inggris siswa tunarungu di SMPLB Kota Malang / Risa Safira Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramadhani Risa Safira. 2019.Pengembangan Media Kabitaru dengan Manually Coded English untuk Meningkatkan Pelafalan Bahasa Inggris Siswa Tunarungu di SMPLB Kota Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Sopingi S.Sos M.Pd Kata Kunci Tunarungu Media Pembelajaran Manually Coded English PelafalanBahasa Inggris. Siswa tunarungu mengalami keterbatasan dalam pendengaran. Keterbatasan tersebut menyebabkan adanya kendala kemampuan bahasa sehingga berdampak pada kesulitan dalam memahami konsep pelafalan (pronunciation) Bahasa Inggris yang benar. Keadaan tersebut menjadi dasar diperlukannya media pembelajaran visual yang dapat mempermudah siswa tunarungu untuk memahami konsep pelafalan (pronunciation) Bahasa Inggris dengan benar. Berkaitan dengan itu maka dikembangkan media pembelajaran yang efektif dan inovatif untuk pengajaran pelafalan Bahasa Inggris untuk siswa tunarungu. Penelitian ini bertujuanmenghasilkan media pembelajaran Kamus Isyarat Bahasa Inggris Tunarungu (KABITARU) dengan Manually Coded Englishyang layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pelafalan siswa tunarungu di SMPLB Kota Malang.Metode penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Branch 2009). Uji coba produk dilakukan di SMPLB YPTB Kota Malang dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket yang divalidasi oleh ahli materi ahli media dan ahli bahasa untuk mengukur kelayakan produk serta tes lisan yang diberikan kepada subjek penelitian untuk mengukur keefektifan media pembelajaran.Subjek penelitianini adalahsiswa tunarungu yang memiliki kendala dalam pelafalan Bahasa Inggris.Media KABITARU memperoleh hasil validasi kelayakan materi sebesar 84 6% media sebesar 92 2% dan bahasa sebesar 93 3%. Selain itu hasil dari uji coba produk kepada siswa menunjukan bahwa media KABITARU efektif untuk diagunakan dalam pembelajaran pelafalan Bahasa Inggris siswa tunarungu.Dari kedua hasil tersebut menunjukkan bahwaaplikasi ini layak dan efektifuntukpembelajaran pelafalan bahasa Inggris siswa tunarungu. Selanjutnya disarankanadanya penelitian pengembangan lebih lanjut tentang media pembelajaran yang dapat melatih keterampilan pelafalan bagi siswa tunarungu sertaperlu diteliti efektifitas dari penggunaan media pembelajaran KABITARU dengan Metode Manually Coded Englishterhadap prestasi belajar siswa tunarungu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119812

Actions (login required)

View Item View Item