Pengembangan media pembelajaran kereta huruf dalam melatih pelafalan huruf vokal pada peserta didik tunagrahita ringan kelas II di SLB Ekan Mandiri Kota Batu / Kurnia Kandita

Kandita, Kurnia (2019) Pengembangan media pembelajaran kereta huruf dalam melatih pelafalan huruf vokal pada peserta didik tunagrahita ringan kelas II di SLB Ekan Mandiri Kota Batu / Kurnia Kandita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kandita, Kurnia. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Huruf Dalam Melatih Pelafalan Huruf Vokal Peserta Didik Tunagrahita kelas II di SLB Eka Mandiri Kota Batu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Mohammad Efendi, M.Pd., M.Kes, (2) Dr. Usep Kustiawan, M.Sn Kata Kunci : Tunagrahita, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Materi Melafalkan Huruf Vokal, Media Kereta Huruf Hasil observasi di kelas II SLB Eka Mandiri Kota Batu yang dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung, permasalahan yang muncul adalah kurangnya minat atau motivasi peserta didik yang disebabkan oleh tidak menariknya media pembelajaran yang digunakan di sekolah, peserta didik belum paham dengan tujuan media untuk pembelajaran, metode yang diterapkan pada saat pembelajaran adalah menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran dirasa kurang menarik oleh peserta didik serta kurang mudah untuk memahami materi yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media “ Kereta Huruf” bagi peserta tunagrahita kelas II di SLB Eka Mandiri dengan mengadaptasi metode pengembangan Borg and Gall yang meliputi 10 langkah dan disederhanakan menjadi 7 langkah. Subjek uji coba produk terdiri dari ahli materi 1, ahli materi 2, dan ahli media serta peserta didik tunagrahita kelas II berjumlah 5 orang sebagai subjek. Penelitian inimenggunakan metode pengembangan atau dalam bahasa research and development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji kelayakan produk tersebut. Prosedur penelitian dan pengembangan media kereta huruf ini menggunakan prosedur penelitian pengembangan Borg and Gall. Desain produk berupa media berbasis visual yang terbuat dari kayu berbentuk kereta. Hasil pengembangan produk ini diperoleh data sebagai berikut: (1) Validasi ahli materi 1 95% (sangat layak), (2) Validasi ahli materi 2 100% (sangat layak), (3) Validasi ahli media 98,3% (sangat layak). Hasil rata-rata pre-test 50,6 mengalami peningkatan pada hasil rata-rata post-test 89,6. Hasil pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media kereta huruf telah layak dijadikan sebagai media pembelajaran matematika materi sudut. Saran bagi pengembang selanjutnya adalah mengkaji terlebih dahulu kebutuhan dan karakteristik peserta didik, kemampuan peserta didik, pemilihan materi, serta pemahaman materi sebelum disampaikan kepada peserta didik sehingga menghasilkan pembelajaran bermakna bagi peserta didik. Selain itu, pengembang selanjutnya juga dapat merubah atau menginovasi desain menjadi media yang lebih unik akan tetapi tetap dengan topik yang sama sehingga peserta didik dapat lebih tertarik dengan desain media yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119810

Actions (login required)

View Item View Item