Pengembangan media scrabble bergambar untuk meningkatkan kosakata siswa tunarungu kelas 3 di SLB Eka Mandiri Kota Batu / Divia Famela Novita

Novita, Divia Famela (2019) Pengembangan media scrabble bergambar untuk meningkatkan kosakata siswa tunarungu kelas 3 di SLB Eka Mandiri Kota Batu / Divia Famela Novita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Novita, Divia Famela. 2019. Pengembangan Media Scrabble Bergambar Untuk Meningkatkan Kosakata Siswa Tunarungu Kelas 3 Di Slb Eka Mandiri Kota Batu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Mohammad Efendi , M. Pd, M. Kes , (II) Drs. Usep Kustiawan, M.Sn. Kata Kunci : Scrabble, meningkatkan Kosakata, Tunarungu Dalam studi pendahuluan penelitian ini ditemukan siswa tunarungu mengalami kesulitan, dan belum tersedia media pembelajaran dalam meningkatkan kosakata. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa Scrabble untuk memudahkan siswa tunarungu membuat kalimat sederhana dengan gambar huruf dan gambar hewan. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Borg and Gall terdiri dari yaitu: 1) Penelitian dan Pengumpulan data, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan produk awal, 4) Validasi ahli, 5) Revisi desain, 6) Uji coba produk, 7) Revisi produk, Hasil penelitian menunjukan bahwa Scrabble sangat valid untuk digunakan. Hasil dari validasi ahli materi diperoleh skor 74% dinyatakan cukup valid, validasi ahli media 100% dinyatakan sangat valid, validasi pembelajaran ABK 100% dinyatakan sangat valid. Hasil penelitian ini menunjukkan skor pre test dengan nilai rata-rata 55 dan post test 90 artinya sangat baik atau media Scrabble ini sangat efektif digunakan. Adanya kenaikan pada Pre Test dan Pos Test, maka dapat disimpulkan bahwa media Scrabble bergambar efektif digunakan untuk meningkatkan kosakata siswa tunarungu kelas 3 SD di SLB EKA Mandiri Kota Batu. Saran penelitian ini adalah Saran bagi guru, diharapkandapat memanfaatkan Scrabble Bergambar untuk meningkatkan kosa kata dalam kegiatan proses pembelajaran. Saran untuk pengembang selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan media Scrabble dengan materi yag berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119809

Actions (login required)

View Item View Item