Pengaruh media kartu angka bergambar terhadap kemampuan berhitung 1-10 anak tunagrahita kelas III di SLB Sumber Dharma Malang / Inshan

Inshan (2019) Pengaruh media kartu angka bergambar terhadap kemampuan berhitung 1-10 anak tunagrahita kelas III di SLB Sumber Dharma Malang / Inshan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Inshan. 2019. Pengaruh Media Kartu Angka Bergambar Terhadap Kemampuan Berhitung 1-10 Anak Tunagrahita Kelas III di SLB Sumber Dharma Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sudarsini, M.Pd (2) Drs. Usep Kustiawan, M.Sn Kata Kunci: Kartu angka bergambar, berhitung, tunagrahita Tunagrahita adalah siswa yang mengalami hambatan dalam intelektual yang secara karakteristik berbeda dengan siswa pada umumnya. Keterbatasan dalam kapasitas intelektual tersebut berdampak dalam kemampuan belajarnya. Dalam hal ini siswa tungrahita mengalami kesulitan dalam belajar matematika yaitu berhitung 1-10. Media kartu angka bergmbar merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berhitung 1-10 siswa tunagrahita. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berhitung 1-10 anak tunagrahita kelas III di SLB Sumber Dharma Malang saat kondisi baseline, (2) Untuk mendeskripsikan sejauh mana tingkat kemampuan mengenal angka 1-10 anak tunagrahita keas III di SLB Sumber Dharma Malang sesudah diberikan intervensi, dan (3) Untuk mendeskripsikan pengaruh media kartu angka bergambar terhadap kemampuan berhitung 1-10 anak tunagrahita kelas III SLB Sumber Dharma Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen SSR (Single Subject Research) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita kelas III, berjenis kelamin laki-laki. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar soal berhitung, lembar penilaian, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh media kartu angka bergambar terhadap kemampuan berhitung 1-10 anak tunagrahita kelas III. Ditunjukkan dengan skor pada kondisi baseline 1 berkisar 43%-54%, kondisi intervensi berkisar antara 70%-80%, dan pada kondisi baseline 2 berkisar 77%-80%. Serta ditunjukkan dengan perhitungan overlape kondisi intervensi (B) dan baseline-2 (A2) yaitu sebesar 0%. Kesimpulan penelitian ini adalah media kartu angka bergambr berpengaruh terhadap kemampuan berhitung 1-10 anak tunagrahita kelas III di SLB Sumber Dharma Malang. Saran kepada guru untuk menggunakan kartu angka bergambar dalam pembelajran berhitung sesuai dengan karakterstik siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119808

Actions (login required)

View Item View Item