Pengembangan video tutorial pembelajaran orientasi mobilitas teknik sighted guide siswa tunanetra kelas 2 di SDLB Kedungkandang / Siti Hajar

Hajar, Siti (2019) Pengembangan video tutorial pembelajaran orientasi mobilitas teknik sighted guide siswa tunanetra kelas 2 di SDLB Kedungkandang / Siti Hajar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hajar, Siti. 2019. Pengembangan Video Tutorial Pembelajaran Orientasi Mobilitas Teknik Sighted guide Untuk Siswa kelas 2 Tunanetra Di SDLB KedungKandang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti, S.Pd, (11) Dr. Agung Kurniawan, M.Kes Kata Kunci : Video Pembelajaran Orientasi mobilitas Teknik Sigted Guide Video Tutorial Pembelajaran Orientasi Mobilitas Teknik Sighted Guide merupakan tampilan gerakan yang ditayangkan dalam sebuah video dalam membantu memahamkan siswa dalam sebuah materi. Latar belakang pengembangan video tutorial ini adalah kesulitan siswa tunanetra dalam memahami teknik yang bersifat abstrak khususnya materi Orientasi Mobilitas teknik sigted guide karena siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep teknik Orientasi Mobilitas teknik sighted guide ini. Peneliti menyusun penelitian dan pengembangan dengan tujuan mengembangkan Video Tutorial Pembelajaran Orientasi Mobilitas Teknik Sighted Guide untuk siswa SDLN kelas 2 Tunanetra. model yang gunakan adalah model pengembangan Borg dan Gall, yaitu (1) tahap penelitian dan pengumpulan informasi, (2) tahap perencanaan, (3) tahap pengembangan produk, (4) tahap uji coba awal, (5) tahap revisi produk, (6) tahap uji coba lapangan, (7) tahap revisi produk uji coba lapangan ,(8) tahap uji coba operasional produk, (9) tahap revisi produk, (10) tahap implementasi dan desiminasi. Hasil pengembangan yang dihasilkan berupa Video Tutorial Pembelajaran Orientasi Mobilitas. Ada tiga kriteria penentu hasil kualitas video tutorial yang baik berdasarkan adalah berdasarkan tiga kriteria yaitu valid, praktis dan efektif. Validasi media yang yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. ahli materi adalah berasal dari Dosen PLB. Sedangkan ahli media adalah dosen TEP. uji coba terbatas dilakukan untuk uji keefektifan dan kepraktisan media yang melibatkan lima siswa kelas 11 SDLB KedungKandang Malang. Berdasarkan hasil dari analisis data (1) validasi ahli materi I 96,6 % (sangat layak), (2) Validasi ahli materi II 88,2 %. (sangat layak), (3) Validasi ahli media 97,6 % (sangat layak), (4) Hasil rata-rata pre-test 42 meningkat pada post-test menjadi 80. Hasil pengembangan secarakeseluruhan dapat disimpulkan bahwa produk media video tutorial pembelajaran Orientasi Mobilitas teknik sighted guide untuk tunanetra telah layak menjadi media pembelajaran untuk melatih keterampilan dalam teknik berjalan dan bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119807

Actions (login required)

View Item View Item