Pengembangan media video merias wajah untuk meningkatkan kemampuan siswa tunarungu dalam bidang kecantikan di SMALB B YPTB Kota Malang / Phylia Gita Crisantimum Chaerunnisa

Chaerunnisa, Phylia Gita Crisantimum (2019) Pengembangan media video merias wajah untuk meningkatkan kemampuan siswa tunarungu dalam bidang kecantikan di SMALB B YPTB Kota Malang / Phylia Gita Crisantimum Chaerunnisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Chaerunnisa, Phylia Gita Crisantimum. 2019. Pengembangan Media Video Merias Wajah untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Tunarungu Dalam Bidang Kecantikan di SMALB YPTB Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Abdul Huda, M.Pd, (2) Sopingi, S.Sos, M.Pd. Kata Kunci : Video Merias Wajah, Tunarungu, Bidang Kecanntikan. Anak tunarungu mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain karena kehilangan atau kekurangan kemampuan dalam mendengar baik sebagian ataupun seluruh alat pendengarannya, sehingga anak tunarungu mengalami hambatan juga dalam perkembangan bahasanya. Terhambatnya perkembangan bahasa mengakibatkan anak tunarungu sulit menerima informasi dalam bentuk lisan, sehingga diperlukan media yang sesuai dengan kebutuhan anak tunarungu yaitu media visual untuk memudahkan anak tunarungu dalam belajar dan mengembangkan bakatnya. Tujuan ini yaitu untuk mengembangkan media video merias wajah bagi peserta didik tunarungu yang sudah diuji kevalidan dan efektifitas sehigga dapat diimplementasikan pada siswa tunarungu, dan untuk meningkatkan kemampuan siswa tunarungu dalam bidang kecantikan di SMALB YPTB Kota Malang Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian dan pengembagan. Metode penelitian pengembagan ini menggunakan model dari Borg and Gall. Hasil validasi produk ahli materi diperoleh skor presentase 97% yang dinyatakan sangat valid, ahli media diperoleh skor 100% yang dinyatakan sangat valid, ahli pembelajaran ABK diperoleh 100% yang artinya sangat valid, dan praktisi memperoleh skor presentase 99% yang dinyatakan sagat valid. Hasil implementasi produk diperoleh rata-rata nilai pre test adalah 68 yang menunjukkan bahwa siswa masih butuh diberikan stimulus tentang tata rias wajah. Sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh dari post test yaitu 88 yang artinya kemampuan anak mengalami peningkatan dan dapat dinyatakan bahwa media video merias wajah yang dikembangkan oleh peneliti memiliki manfaat, mudah dipahami, sesuai karakteristik siswa tunarungu, dan dapat digunakan untuk melatih siswa tunarungu dalam pembelajaran tata rias. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119805

Actions (login required)

View Item View Item