Pengembangan media komik matematika perkalian pada anak tunarungu kelas V di SLB Islam Yasindo Tumpang / Ismiatul Azizah

Azizah, Ismiatul (2019) Pengembangan media komik matematika perkalian pada anak tunarungu kelas V di SLB Islam Yasindo Tumpang / Ismiatul Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azizah, Ismiatul. 2019. Pengembangan Media Komik Soal Cerita Perkalian Matematika Pada Peserta didik Tunarungu Kelas V SD Di SLB Islam Yasindo Tumpang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1 (I) Prof. Dr. Moh. Effendi, M.Pd, M.Kes., (II) Dr. Sulthoni, M.Pd. Kata kunci : komik matematika, tunarungu, kemampuan pemahaman Komik matematika perkalian adalah media yang dirancang untuk peserta didik tunarungu yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman peserta didik tunarungu dalam memahami soal cerita matematika. Hasil observasi di SLB Islam Yasindo Tumpang menyatakan tidak adanya media yang digunakan untuk membantu peserta didik tunarungu dalam memahami soal cerita terutama dalam pelajaran matematika. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman pada peserta didik tunarungu. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah (1) Menghasilkan media pembelajaran berupa komik soal cerita dengan materi perkalian di kelas V Tunarungu di SLB Islam Yasindo Tumpang ; (2) Menganalisis efektivitas penggunaan media pembelajaran matematika berupa komik soal cerita perkalian untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Subyek uji coba adalah ahli materi 1, ahli materi 2, ahli media, uji kelompok besar yang terdiri dari enam siswa kelas III di SLB Islam Yasindo Tumpang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa komik perkalian matematika ini sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas. Terbukti dengan perolehan skor validasi dari ahli media sebesar 97,5 %, skor validasi dari ahli materi 1 sebesar 95 %, skor validasi dari ahli materi 2 sebesar 92,5 %. Kemudian diperoleh skor rata – rata tingkat kelayakan dari ketiga ahli tersebut sebesar 95 %. Yang artinya media sangat layak digunakan. Pada penilaian hasil belajar siswa diperoleh data hasil uji kelompok kecil yakni siswa yang dijadikan subyek penelitian dalam kolompok kecil nilai yang diperoleh siswa kurang dari KKM sedangkan data hasil uji kelompok yakni semua siswa mendapatkan nilai diatas KKM. Disarankan kepada guru untuk memberikan media visual kepada peserta didik tunarungu yang mampu menarik minat siswa dalam belajar dan juga bisa digunakan sebagai media belajar mandiri bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119803

Actions (login required)

View Item View Item