Pengembangan modul bina diri anak tunagrahita untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru di SDN Sumbersari II Kota Malang / Akrim Ilma Mufidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul bina diri anak tunagrahita untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru di SDN Sumbersari II Kota Malang / Akrim Ilma Mufidah

Mufidah, Akrim Ilma (2019) Pengembangan modul bina diri anak tunagrahita untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru di SDN Sumbersari II Kota Malang / Akrim Ilma Mufidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mufidah Akrim Ilma. 2019. Pengembangan Modul Bina Diri Anak Tunagrahita Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Mengajar di SDN Sumbersari II Kota Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M.Pd (II) Sopingi S.Sos M.Pd Kata Kunci Modul Bina Diri Keterampilan Mengajar Tunagrahita. Tunagrahita adalah seseorang yang memiliki kecerdasan intelktual dibawah rata-rata. Hambatan tersebut berdampak pada kemandirian anak tunagrahita sehingga memiliki ketergantungan pada orang lain untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Bina diri merupakan program untuk mengembangkan keterampilan anak yang meliputi merawat diri menjaga keselamatan dan kesehatan berkomunikasi besosialisai keterampilan kerja da menggunakan waktu luang. Oleh karena itu perlu dikembangkan modul pembelajaran bina diri untuk guru di Sekolah Luar Biasa maupun di sekolah inklusif. Tujuan penelitian dan pengembangan adalah menghasilkan modul pembelajaran bina diri yang dapat digunakan guru saat melaksanakan program bina diri di SDN Sumbersari II. Dengan adanya modul ini diharapkan guru memiliki keterampilan mengajar sehingga pembelajaran bina diri menjadi efektif. Penelitian dan Pengembangan buku panduan ini menggunakan model Borg and Gall (dalam Sukmadinata) yang terdiri dari 7 tahap meliputi (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan desain produk awal) (4) Validasi Produk (5) Revisi Produk Revisi Produk Akhir dan Hasil Akhir Pengembangan. Subyek validasi pada penelitian ini adalah ahli media ahli materi dan ahli praktisi.. Teknik analisis data menggunakan teknik porsentase pada data kuantitatif dan teknik deskriptif pada data kualitatif. Hasil validasi ahli media 92 5% ahli materi 86 5% ahi bahasa 90 5% ahli bahasa 90% dan ahli praktisi 89 5%. Hasil uji coba penerapan modul diperoleh skor 84 5. Modul bina diri tunagrahita ini telah memenuhi karakteristik pengembangan modul. Modul bina diri efektif digunakan guru untuk pembelajaran bina diri. Saran bagi guru modul ini dapat digunakan sebagi bahan ajar pembelajaran bina diri sehingga dapat terlaksana secara efektif. Guru diharapkan dapat melaksanakan dengan baik program bina diri mulai dari identifikasi asesmen penyusunan program bina diri sehingga pembelajaran lebih efektif dan sesuai kebutuhan anak tunagrahita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119802

Actions (login required)

View Item View Item