Meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui metode VAKT (Visual, Audio, Kinestetik, dan Taktil) bagi anak tunagrahita / Putri Desy Liliana

Liliana, Putri Desy (2019) Meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui metode VAKT (Visual, Audio, Kinestetik, dan Taktil) bagi anak tunagrahita / Putri Desy Liliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Liliana, Putri Desy. 2019. Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Metode VAKT (Visul, Audio, Kinestetik, Dan Taktil) Bagi Anak Tunagrahita. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd, M.Pd. (II) Eka Pramono Adi S.Ip, M.Si Kata Kunci: Metode VAKT , Menulis Permulaan dan Tunagrahita. Menulis permulaan adalah suatu proses memindahkan gagasan ke dalam lambang-lambang untuk mengenalkan tentang teknik-teknik menulis tulisan di bentuk garis putus-putus, garis lurus, lengkung, dan bulat untuk menuangkan suatu ide, gagasan, atauu pikiran yang ada dalam pkiran manusia. Menulis permulaan merupakan keterampilan yang wajib dimiliki setiap anak, karena berpengaruh terhadap kemampuan pembentukan berbahasa anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Menganalisis kemampuan menulis permulaan anak tunagrahita di SDLB sebelum diterapkan metode VAKT, (2) Menganalisis kemampuan menulis permulaan anak tunagrahita di SDLB setelah diterapkan metode VAKT, dan (3) Mendeskripsikan pengaruh metode VAKT terhadap kemampuan menulis permulaan anak tunagrahita siswa tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dalam bentuk rancangan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A dimana A merupakan Baseline dan B merupakan Intervensi. Prosedur A-B-A meliputi pengumpulan data target behavior pada konsidi baseline-1 (A1). Setelah data menjadi stabil pada kondisi baseline, kemudian intervens diberikan sampai data mencapai trend dan level yang jelas. Kemudian fase baseline diulang kembali pada subjek penelitian yang sama. Penelitian ini dilakukan di kelas II SDLB Kepanjen dengan subjek tunggal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes praktik berupa kegiatan pembelajaran. Dalam pembuatan tes praktik menulis permulaan, peneliti menyesuaikan dengan kisi-kisi instrumen yang telah dibuat sebelumnya. Analisis data yang digunakan berupa visual grafik dan dianalisis berdasarkan komponen-komponen setiap fase A-B-A. Hasil penelitian di lihat dari baseline-1 (A1) bahwa persentase kecendrungan stabilitas kemampuan menulis permulaan peserta didik tunagrahita di level 100% dengan nilai pada sesi ke-1, 2, dan 4 55% ; pada sesi ke-3 50% dikatakan peserta didik memiliki kemampuan yang stabil dalam menulis permulaan. Presentase kecenderungan stabilitas kemampuan menulis permulaan peserta didik meningkat pada saat intervensi (B) menjadi 100% dengan nilai tertinggi sebesar 90% dan nilai terendah sebesar 80%. Dan pada kondisi baseline-2 (A2), presentase kecenderungan stabilitas kemampuan menulis permulaan peserta didik tunagrahita adalah sebesar 100%. Jadi dapat disimpulkan bahwa, metode VAKT memiliki pengaruh untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan peserta didik tunagrahita. Kegiatan ini sangat sesuai dengan karakteristik peserta didik tunagrahita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119801

Actions (login required)

View Item View Item