Pengembangan buku panduan metode discrete trial training untuk meningkatkan kemampuan bahasa reseptif siswa autis / Uut Fauziyah

Fauziyah, Uut (2019) Pengembangan buku panduan metode discrete trial training untuk meningkatkan kemampuan bahasa reseptif siswa autis / Uut Fauziyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauziyah, Uut. 2019. Pengembangan Buku Panduan Metode Discrete Trial Training Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Siswa Autis. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Abdul Huda, M. Pd, (2) Sopingi, S. Sos, M. Pd. Kata Kunci : Metode DTT, Bahasa Reseptif, Autis Bahasa adalah suatu komponen yang penting dalam berkomunikasi dan menjalin interaksi, umumnya kemampuan bahasa anak dibagi menjadi dua yaitu bahasa reseptif (mendengar dan memahami) dan bahasa ekspresif (berbicara). Bahasa reseptif pada anak autis kurang berkembang dengan baik dikarenakan hambatan dalam bidang komunikasi yang membuat anak autis memahami bahasa secara literal (kata per kata ) tetapi kesulitan memahami konteks bahasa yang digunakan. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti terdorong untuk mengembangkan terapi dengan metode DTT merupakan analisis pengubahan tingkah laku bagian dari ABA (applied behavior analysis) didasari oleh perilaku “operant conditining”. Sebuah metode yang bagus digunakan dalam membentuk kemampuan baru yang lebih spesifik bagi anak autis. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku panduan dengan metode DTT (Discrete Trial Training) bagi terapis atau guru untuk meningkatkan bahasa reseptif anak autis. Penelitian dan Pengembangan buku panduan diadaptasi dari model Borg and Gall, yang disesuaikan dengan kebutuhan peneliti meliputi (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan desain produk awal), (4) Validasi Produk, (5) Revisi Produk awal, (6) Uji Coba Produk (Individu dan Kelompok), (7) Revisi Produk Akhir. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan buku panduan layak digunakan sebagai referensi media guru dalam mengajar ini bisa dilihat dari hasil validasi. Hasil dari validasi ahli media sebesar 98,52% ahli materi sebesar 75% dan pengguna (guru) sebesar 79,54%. Rata rata dari ketiga validator tersebut adalah 84,45% dengan kreteria cukup valid dan layak untuk digunakan, sedangkan hasil uji coba lapangan yang dilakukan terhadap siswa kelas 1 SLB Autis Laboratorium UM pada uji coba kelompok menunjukkan nilai sebesar 80,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah buku panduan dengan metode DTT layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Saran peneliti terhadap guru atau terapis di SLB Autis Laboratorium UM agar buku panduan ini dapat dimanfaatkan dan di implementasikan dalam pembelajaran khususnya terapi bagi anak autis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119800

Actions (login required)

View Item View Item