Pengembangan media flash landeskunde spielen pada mata kuliah telaah pranata masyarakat Jerman mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan 2015 Universitas Negeri Malang / Veni Ivansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media flash landeskunde spielen pada mata kuliah telaah pranata masyarakat Jerman mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan 2015 Universitas Negeri Malang / Veni Ivansari

Ivansari, Veni (2016) Pengembangan media flash landeskunde spielen pada mata kuliah telaah pranata masyarakat Jerman mahasiswa Jurusan Sastra Jerman angkatan 2015 Universitas Negeri Malang / Veni Ivansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ivansari Veni. 2015. Pengembangan Media Flash Landeskunde Spielen pada Matakuliah Telaah Pranata Masyarakat Jerman Jurusan Sastra JermanUniversitasNegeri Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dudy Syafruddin S.S M.A (2) Dr. Rizman Usman M.Pd. Kata kunci Media Landeskunde Spielen Telaah Pranata Masyarakat Jerman Telaah Pranata Masyarakat Jerman adalah sebuah mata kuliah yang wajib ditempuh mahasiswa sastra Jerman Universitas Negeri Malang semester satu. Pada mata kuliah ini mahasiswa mempelajari negara bagian Jerman.Berdasarkan observasi yang dilakukan sebelum pengembangan diketahui media yang menunjang proses belajar mandiri pada matakuliah Telaah Pranata Masyarakat Jermandi Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang kurang variatif. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan mengadaptasi model desain pengembangan pembelajaran Sugiyono. Prosedur yang dilakukan melalui 7 langkah yangmeliputi potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk dan revisi produk. Sebelum uji produk media divalidasi terlebih dahulu oleh ahli media dan ahli materi.Data diperoleh melalui angket. Uji coba produk selanjutnya dilaksanakan kepada mahasiswa jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang angkatan 2015 OfferingA. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa media pembelajaran Landeskunde Spielen dapat lebih menarik minat mahasiswa untuk mempelajari materi mata kuliahTelaan Pranata Masyarakat Jerman. Dari hasil analisis uji coba ahli materi diperoleh presentase 91 6% ahli media sebesar 77 5% dan angket untuk mahasiswa 78 5%.Hal ini menunjukkan bahwa media Landeskunde Spielenlayak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pada matakuliah Telaah Pranata Masyarakat Jerman. Dari hasil pengembangan media ini disarankan kepada mahasiswa untuk menggunakan media Landeskunde Spielen sebagai alternatif dalam belajar mandiri. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan media dengan memperbanyak gambar dan video sebagai pendukung pemahaman materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11980

Actions (login required)

View Item View Item