Pengaruh metode drill terhadap keterampilan bina diri pertolongan pertama pada kecelakaan luka ringan bagi anak tunagrahita ringan kelas VIII di SLB Putera Asih Kota Kediri / Hizkia Yanche Alfredo

Alfredo, Hizkia Yanche (2019) Pengaruh metode drill terhadap keterampilan bina diri pertolongan pertama pada kecelakaan luka ringan bagi anak tunagrahita ringan kelas VIII di SLB Putera Asih Kota Kediri / Hizkia Yanche Alfredo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hizkia, Yanche. 2019. Pengaruh Metode DRILL TerhadapKeterampilan Bina Diri Pertolongan Pertama Pada kecelakaan Luka Ringan Bagi Anak Tunagrahita Ringan KelasV III di SLB Putera Asih Kota Kediri. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti, S.Pd., M.Pd, (II) Drs. Abdul Huda, M.Pd Kata Kunci: Metode Drill, Bina Diri, Tuna Grahita Anak tunagrahita adalah anak yang mengalami hambatan fungsi kecerdasan intelektual dan adaptasi sosial yang terjadi pada masa perkembangannya. Seseorang ketika terluka dalam kategori ringan banyak yang tidak menyadarinya bahwa luka tersebut dapat menjadi media yang baik untuk masuknya kuman sehingga menimbulkan infeksi dan membuat luka ringan menjadi luka serius. maka perlu untuk memberikan pembelajaran keterampilan penanganan luka ringan kepada siswa tunagrahita. Supaya siswa mempunyai kesadaran untuk mengobati luka serta dapat menangani luka ringan yang dialami oleh dirinya sendiri secara sigap sehingga dapat memperkecil resiko terjadinya infeksi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kemampuan penanganan luka ringan siswa tunagrahita ringan sebelum menggunakan metode Drill (2) Mendeskripsikan kemampuan penanganan luka ringan siswa tunagrahita ringan sebelum menggunakan metode Drill (3) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode Drill dalam penanganan luka ringan siswa tunagrahita ringan kelas VIII di SLB PUTERA ASIH Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksperimen dengan rancangan Pre-Experimental Design dengan Pre-Test And Post-Test. Sampel penelitian ini berjumlah 6 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan kemampuan membaca permulaan . Instrumenberupa soal tes. Perolehan data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan uji hipotesis menggunakanPaired Sample T-Testmenunjukkan nilai Sig (2-tailed) = 0,003 < 0,05, artinya hopotesis nol(H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulan bahwa penggunaan metode DRILL berpengaruh terhadap keterampilan Bina Diri Pertolongan Luka Ringan Anak Tunagrahita VIII di SLB PUTERA ASIH Kota Kediri. Saran bagi guru diharapkan selalu aktif dalam memberikan pelatihan kepada siswa sehingga siswa benar-benar memiliki kemauan dan dukungan atas peningkatan kemampuan dalam proses memberikan penanganan luka ringan..

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119799

Actions (login required)

View Item View Item