Profesionalisme guru dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di SD Negeri Petamanan Kota Pasuruan / Susanti Oktavia - Repositori Universitas Negeri Malang

Profesionalisme guru dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di SD Negeri Petamanan Kota Pasuruan / Susanti Oktavia

Oktavia, Susanti (2019) Profesionalisme guru dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di SD Negeri Petamanan Kota Pasuruan / Susanti Oktavia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Oktavia Susanti. 2019. Profesionalisme Guru dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di SD Negeri Petamanan Kota Pasuruan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdul Huda M.Pd (2) dr. Agung Kurniawan M.Kes. Kata Kunci Profesionalisme guru pendidikan inklusif Profesionalisme guru dalam pendidikan inklusif merupakan suatu komitmen menjalankan tugas guru secara profesional dalam suatu pendidikan inklusif dimana siswa berkebutuhan khusus secara bersama-sama mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas dengan siswa reguler. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profesionalisme guru terhadap penyelenggaraan inklusif di SD Negeri Petamanan dengan memperhatikan beberapa fokus penelitian yaitu (1) pendidikan guru (2) pembinaan keterampilan mengajar (3) pengembangan keprofesian berkelanjutan (4) penunjang tugas guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti meliputi observasi wawancara serta studi dokumentasi. Dari hasil data yang diperoleh maka dilakukan proses analisis data meliputi (1) Reduksi data yaitu proses pemilihan data dan penyederhanaan data kasar yang muncul dalam catatan lapangan. (2) Penyajian data dilakukan dalam bentuk uraian singkat maupun penggunaan bagan untuk melihat gambaran keseluruhan hasil penelitian. (3) Verifikasi data yaitu penyimpulan data setelah dilakukan proses penyajian data. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tringulasi sumber yaitu pengecekan keabsahan data yang didapat dari berbagai sumber triangulasi teknik yaitu pengecekan keabsahan data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda serta member checks yaitu memeriksa keabsahan data dengan cara direkam atau ditulis dalam catatan lapangan. Hasil penelitian profesionalisme guru terhadap penyelenggaraan inklusif berupa (1) secara umum guru kelas telah berkualifikasi S1 serta memiliki sertifikast pendidik. (2) Pembinaan keterampilan guru di sekolah oleh para guru kepala sekolah serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan. (3) Pengembangan keprofesian berkelanjutan dilaksanakan dengan cara mengikuti diklat dan workshop serta pembentukan KKG. (4) Para guru telah mendapatkan tunjangan profesi baik guru PNS maupun honorer. Saran dalam penelitian ini ditujukan untuk (1) sekolah untuk memenuhi sarana prasarana serta melakukan evaluasi terkait penyusunan perangkat pembelajaran. (2) guru untuk memberi bimbingan dan pemahaman bagi siswa dan wali murid. (3) wali murid agar selalu berpartisipasi dalam pelaksanaan program inklusif. (4) peneliti lain sebagai bahan rujukan dalam penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119798

Actions (login required)

View Item View Item