Pengembangan buku panduan membuat cup cakes untuk anak tunarungu di SLB Negeri Batu / Dewi Larasati

Larasati, Dewi (2019) Pengembangan buku panduan membuat cup cakes untuk anak tunarungu di SLB Negeri Batu / Dewi Larasati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Larasati, Dewi. 2019. Pengembangan buku panduan membuat cup cakes untuk anak tunarungu di SLB Negeri Batu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Mohammad Efendi, M.Pd, M.Kes (II) Ahmad Samawi, M.Pd. Kata Kunci: Buku Panduan, Vokasional, Tunarungu, Cup Cakes Tunarungu adalah seseorang yang terganggu dalam pendengarannya. Vokasional tata boga adalah program pendidikan yang bertujuan untuk memperoleh kecakapan dan keterampilan tertentu yang diperlukan anak didik sebagai bekal hidupnya di masyarakat.. Pembelajaran vokasional pada anak tunarungu perlu diberikan, mengingat kemampuan fisik anak tunarungu tidak mengalami masalah. Oleh karena itu, pemilihan media dan bahan ajar juga perlu diadakan/dikembangkan untuk pembelajaran vokasional tata boga, diantaranya adalah buku panduan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku panduan membuat cup cakes yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa tunarungu. Penelitian dan pengembangan buku panduan ini menggunakan model Borg and Gall yang terdiri dari 8 tahap, meliputi (1) Penelitian dan pengumpulan data, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan draf produk awal, (4) Validasi produk awal, (5) Revisi produk, (6) Uji coba lapangan awal, (7) Revisi hasil uji coba, (8) Produk akhir pengembangan. Subyek validasi pada penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran ABK dan praktisi. Uji coba produk dilakukan secara individu dan kelompok. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes kinerja. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa buku panduan ini layak jika digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini terbukti dari hasil validasi. Hasil validasi dari ahli media 100%, ahli pembelajaran ABK 86,5%, ahli materi 87,5% dan praktisi 100%. Hasil rata-rata dari validator adalah 93,5% dengan kriteria sangat valid dan layak digunakan. Hasil coba individu yang dilakukan kepada anak tunarungu yang mengikuti kelas vokasional tataboga di SLB Negeri Batu sebesar 88% dan uji coba kelompok sebesar 84,25%. Dari hasil uji coba individu dan kelompok masuk kedalam tinggi sekali dan sangat efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran kelas tata boga membuat cup cakes. Saran peneliti terhadap guru adalah, produk buku panduan ini dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran tata boga khususnya membuat cup cakes. Saran bagi SLB Negeri Batu, buku panduan ini dapat di implementasikan oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran tata boga membuat cup cakes bagi siswa tunarungu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119796

Actions (login required)

View Item View Item