Pengaruh penggunaan media flashcard terhadap penguasaan kosakata anak tunarungu di RA Tazkiyah Malang / Putri Zachrotul Chumairo

Chumairo, Putri Zachrotul (2019) Pengaruh penggunaan media flashcard terhadap penguasaan kosakata anak tunarungu di RA Tazkiyah Malang / Putri Zachrotul Chumairo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Chumairo, Putri Zachrotul. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Flashcard terhadap Penguasaan Kosakata Anak Tunarungu di RA Tazkiyah Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Wiwik Dwi Hastuti, S.Pd, M.Pd. (II) Drs. Ir. Endro Wahyuno, M.Si kata kunci: tunarungu, penguasaan kosakata, flashcard Faktor rendahnya kemampuan peserta didik salah satunya adalah keterbatasan media pembelajaran. Pada penelitian ini, peserta didik tunarungu yang memiliki keterbatasan penguasaan kosakata. Terbatasnya penguasaan kosakata peserta didik disebabkan oleh kurangnya strategi dan media sebagai alat bantu untuk berkomunikasi dengan peserta didik. Salah satu media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik meningkatkan penguasaan kosakatanya adalah melalui media flashcard. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan seberapa jauh penguasaan kosakata peserta didik sebelum diberikannya intervensi atau perlakuan. Selanjutnya mendeskripsikan penguasaan kosakata peserta didik setelah diberikan intervensi atau perlakuan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan single subject research (SSR) dengan desain penelitian A-B-A. subjek penelitian yaitu peserta didik dengan gangguan pendengaran atau tunarungu usia 6 tahun yang duduk dibangku RA Tazkiyah Malang. Analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan perolehan rata-rata skor meningkat. Sebelum diberikan perlakuan didapatkan rata-rata skor sebesar 66,6%, saat diberikan perlakuan didapatkan rata-rata skor sebesar 85%. Selain itu, presentase overlap antara kondisi sebelum diberikan perlakuan ke kondisi setelah diberikan perlakuan yaitu sebesar 0% yang mana menunjukkan pengaruh antar pembelajaran terhadap subjek. Pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flashcard berpengaruh terhadap peningkatan penguasaan kosakata anak tunarungu. Adapun penggunaan media flashcard secara rutin agar kemampuan subjek terus meningkat, tidak turun, atau menetap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119795

Actions (login required)

View Item View Item