Pengaruh metode fonetik terhadap kemampuan bicara siswa tunagrahita kelas I SLB Tunas Bangsa Kota Blitar / Sayyidatul Luthfiyah Fadhil Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode fonetik terhadap kemampuan bicara siswa tunagrahita kelas I SLB Tunas Bangsa Kota Blitar / Sayyidatul Luthfiyah Fadhil Ramadhani

Ramadhani, Sayyidatul Luthfiyah Fadhil (2019) Pengaruh metode fonetik terhadap kemampuan bicara siswa tunagrahita kelas I SLB Tunas Bangsa Kota Blitar / Sayyidatul Luthfiyah Fadhil Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramadhani Sayyidatul Luthfiyah. 2019. Pengaruh Metode Fonetik Terhadap Kemampuan Bicara Siswa Tunagrahita Kelas 1 SLB Tunas Bangsa Kota Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd M.Kes (II) Dr. Sulthoni M.Pd Kata Kunci Metode Fonetik Kemampuan Bicara Siswa Tunagrahita Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan bicara siswa tunagrahita pada kondisi baseline-1 (A1) kondisi intervensi (B) kondisi baseline-2 (A2) dan untuk membuktikan adanya pengaruh metode fonetik terhadap kemampuan bicara siswa tunagrahita kelas 1 SLB Tunas Bangsa Kota Blitar. Siswa tunagrahita dalam penelitian ini mengalami gangguan bicara berupa kesalahan dalam bunyi ucapan dan ketidaktepatan artikulasi bicara pada huruf vokal (a e i o u) dan huruf konsonan (h k m r). Hal ini disebabkan oleh tingkat kecerdasan siswa tunagrahita yang rendah sehingga mempengaruhi perkembangan bahasa dan bicaranya. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengaruh metode fonetik terhadap kemampuan bicara siswa tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah desain A-B-A. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes lisan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif yaitu dengan analisis visual yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa pada fase baseline-1 (A1) sebesar 60 6% fase intervensi (B) sebesar 79.25% dan fase baseline-2 (A2) sebesar 84 4% yang berarti menunjukkan peningkatan nilai pada setiap fase. Uji hipotesis menunjukkan hasil presentase overlap sebesar 0%. Semakin kecil hasil presentase overlap maka hal ini menunjukkan bahwa semakin besar pula pengaruh intervensi atau perlakuan terhadap target behavior. Berdasarkan dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh melalui intervensi metode fonetik terhadap kemampuan bicara siswa tunagrahita kelas 1 SLB Tunas Bangsa Kota Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119794

Actions (login required)

View Item View Item