Pengaruh penggunaan media pohon angka terhadap kemampuan mengenal angka 1-10 anak tunagrahita di SDLB Santi Kosala Mastrip Nganjuk / Akhmad Wahyu Pradana

Pradana, Akhmad Wahyu (2019) Pengaruh penggunaan media pohon angka terhadap kemampuan mengenal angka 1-10 anak tunagrahita di SDLB Santi Kosala Mastrip Nganjuk / Akhmad Wahyu Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pradana, Akhmad Wahyu. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pohon Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Anak Tunagrahita Di SDLB Santi Kosala Mastrip Nganjuk. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. H. Abdul Huda, M.Pd, (2) Drs. M. Shodiq AM., M.Pd. Kata Kunci: pohon angka, kemampuan mengenal angka, angka, 1-10, tunagrahita. Matematika perlu diberikan kepada anak sejak usia dini. Matematika bagi anak tunagrahita adalah pelajaran yang cukup sulit karena membutuhkan ketelitian dan tingkat pemahaman yang lebih tinggi dibanding pelajaran yang lainnya yang ada di sekolah. Untuk bisa berhitung diperlukan kemampuan mengenal agka dengan baik dan benar. Materi tersebut merupakan salah satu problematika pada subjek penelitian ini sehingga perlu adanya bantuan salah satunya dari media pembelajaran yang menarik yaitu pohon angka agar anak tidak tertinggal jauh kemampuannya dari teman sekelasnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan mengenal angka 1-10 anak tunagrahita kelas II di SDLB Santi Kosala Mastrip Nganjuk saat kondisi baseline, (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan mengenal angka 1-10 anak tunagrahita kelas II di SDLB Santi Kosala Mastrip Nganjuk setelah diberikan intervensi, dan (3) Untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media Pohon Angka terhadap kemampuan mengenal angka 1-10 anak tunagrahita kelas II di SDLB Santi Kosala Mastrip Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian ini adalah seorang anak tunagrahita ringan, berjenis kelamin perempuan, kelas II di SDLB Santi Kosala Mastrip Nganjuk. Jenis pengukuran yang digunakan adalah presentase. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan perolehan mean level yang meningkat dari 52% pada kondisi baseline-1 (A1), ke 94% pada kondisi intervensi (B), dan 88% pada kondisi baseline-2 (A2). Perhitungan presentase overlap antara kondisi baseline-1 (A1) ke intervensi (B) adalah 0%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media pohon angka untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 anak tunagrahita kelas II di SDLB Santi Kosala Mastrip Nganjuk. Saran dari penelitian ini antara lain: (1) kembangkan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 anak, (2) penggunaan media pohon angka dapat dijadikan alternatif bagi orang tua anak tunagrahita untuk memberikan pengajaran dalam hal mengenal angka saat di rumah, dan (3) Perlu diadakan penelitian lebih lanjut dalam mengembangkan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119792

Actions (login required)

View Item View Item