Pengaruh penggunaan media clay tepung terhadap kemampuan pra menulis permulaan anak tunagrahita kelas satu di SLB Sumbe Dharma Malang / Asri Kurnianing Dewi

Dewi, Asri Kurnianing (2019) Pengaruh penggunaan media clay tepung terhadap kemampuan pra menulis permulaan anak tunagrahita kelas satu di SLB Sumbe Dharma Malang / Asri Kurnianing Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Asri Kurnianing Dewi. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Clay Tepung Terhadap Kemampuan Pra Menulis Permualan Siswa Tunagrahita kelas I di SLB Sumber Dharma Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Drs. Ir. Endro Wahyuno. M.Si, (2) Dr.Henry Praherdhiono, S.Si, M.Pd. Kata Kunci : Clay Tepung, Pra Menulis Permulaan, Tunagrahita Anak tunagrahita memiliki hambatan pada motorik halus yang mengakibatkan anak mengalami berbagai kesulitan dalam bidang akademik maupun non akademik. Salah satu kesulitan yang dialami anak tunagrahita ada dalam hal menulis. Siswa tunagrahita pada kelas rendah, masih sangat kurang dalam hal motorik halus. Itu dikarenakan jari-jemari mereka yang masih kaku. Penelitian ini berfokus pada peningkatan kemampuan motorik halus siswa dengan menggunakan media clay tepung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kemampuan siswa tunagrahita kelas I sebelum dan sesudah diberi treatment menggunakan media clay tepung dan untuk mendeskripsikan pengaruh media clay tepung terhadap kemampuan pra menulis permulaan siswa tunagrahita kelas I di SLB Sumber Dharma kota Malang. Penelitian menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain one group pre test-post test. Dimana sekelompok siswa tanpa kelompok kontrol diberikan treatment menggunakan clay tepung. Sebelum dilakukan treatment siswa melakukan pre test berupa mencampur warna, mencubit clay, membentuk clay, dan menggabung clay menjadi bentuk huruf untuk melihat kemampuan awal siswa dalam motorik halusnya. Kemudian diberikan treatment dan post test untuk melihat kemampuan akhir siswa setelah diberikan treatment. Berdasarkan hasil post test diketahui bahwa keammpuan siswa tunagrahita dalam pra menulis permulaan sebanyak 12,5% dalam kategori kurang, 37,5% dalam kategori cukup dan 50% dalam kategori baik. Artinya ada pengaruh penggunaan clay tepung terhadap kemampuan pra menulis permulaan siswa tunagrahita kelas 1 di SLB Sumber Dharma Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119791

Actions (login required)

View Item View Item