Manajemen pendidikan vokasional untuk anak berkebutuhan khusus (studi kasus di SLB Putra Mandiri Sidoarjo) / Aditya Erine Agustin

Agustin, Aditya Erine (2019) Manajemen pendidikan vokasional untuk anak berkebutuhan khusus (studi kasus di SLB Putra Mandiri Sidoarjo) / Aditya Erine Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustin, Aditya Erine. 2019. Manajemen Pendidikan Vokasional Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus di SLB Putra Mandiri Sidoarjo). Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Mohammad Efendi, M.Pd, M.Kes (2) Drs. Ahmad Samawi, M.Hum Kata Kunci : Manajemen, Pendidikan Vokasional, Anak Berkebutuhan Khusus Penelitian ini berjudul Manajemen Pendidikan Vokasional Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus di SLB Putra Mandiri Sidoarjo). Tujuan dari penelitian ini adalah menjawab fokus penelitian mengenai Manajemen Pendidikan Vokasional Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Pendekaatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti mengamati hal-hal yang terjadi dilapangan, kemudian menggambarkan dalam bentuk kata-kata dan kalimat. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelian ini adalah model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga komponen yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan serta pengujian kesimpulan. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan SLB Putra Mandiri Sidoarjo telah melaksanakan pendidikan vokasi diantaranya, tata busana, tata boga dan komputer. Pendidikan vokasi di SLB Putra Mandiri dibagi menjadi 3 di vokasi komputer, 2 ditempatkan pada tata busana dan 2 lainnya di tata boga. Pada pembelajaran yang dilaksanakan, komputer meliputi program microsoft office, tata busana meliputi menjahit dan menyulam serta membuat souvenir dan tata boga adalah memasak sayur dan kue sederhana. Alumni yang telah lulus dari SLB Putra Mandiri mulai tahun 2006 hingga sekarang rata-rata telah bekerja disebuah perusahaan (pabrik) diantaranya PT. UFI, PT First Medipharma, Perusahaan Roti, Pabrik Kayu serta Pabrik Sepatu yang ada di kota Sidoarjo. Terdapat data alumni lainnya yang tidak bekerja hingga keluar hingga yang tidak melanjutkan kembali bersekolah di SLB Putra Mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119779

Actions (login required)

View Item View Item