Pengaruh media flipchart terhadap kemampuan toilet training siswa tunagrahita sedang di SLB BC Kepanjen / Jeri Lien Paut

Paut, Jeri Lien (2019) Pengaruh media flipchart terhadap kemampuan toilet training siswa tunagrahita sedang di SLB BC Kepanjen / Jeri Lien Paut. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lien, Jeri Paut. 2019. Pengaruh Media FlipChart Terhadap Kemampuan Toilet Training Siswa Tunagrahita Sedang di SLB B-C Kepanjen. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Drs. Abdul Huda, M.Pd. (2) Sopingi S.Sos M.Pd Kata Kunci : flipchart, kemampuan toilet training, tunagrahita sedang Keterbatasan intelektual yang dimiliki anak tungrahita sedang mengakibatkan anak tersebut mengalami hal sulit dalam mengurus dirinya sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengurus diri sendiri sangat membutuhkan orang lain. salah satu ketidak mampuan anak tungarhita sedang dalam mengurus dirinya sendiri adalah kemampuan toilet training. toilet training adalah kegiatan yang dilakukan guna untuk melatih anak agar mampu mengontrol dalam melakukan buang air kecil dan buang air besar secara mandiri. Pemanfaatan media yang menarik juga dapat membantu anak tunagrahita sedang dalam membantu pembelajaran kemampuan toilet training. Fliphart adalah salah satu media bergambar yang dapat menyajikan informasi kegiatan toilet training secara akurat dan benar. Penggunaanya juga cukup mudah yaitu tinggal membalik satu persatu pesan bergambar yang sudah disajikan. Tujuan penilitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan anak tunagrahita sedang dalam kemampuan toilet training sebelum di berikan intervensi, (2) mendeskripsikan kemampuan anak tunagrahita sedang dalam kemampuan toilet training pada saat di berikan intervensi, (3) mendeskripsikan kemampuan anak tunagrahita sedang dalam kemampuan toilet training setelah di berikan intervensi, (4) mendeskripsikan pengaruh media flipchart terhadap kemampuan toilet training anak tunagrahita sedang. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan Singel Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. subjek penelitian adalah F (11 Tahun) yang berjenis kelamin laki-laki. Jenis pengukuran yang digunakan adalah presentase. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukan perubahan peningkatan mean level yang meningkat dari 45% pada kondisi baseline-1, ke kondisi intervensi 83% dan 79% pada kondisi baseline-2. Perhitungan presentase overlap antara kondisi baselie-1 ke kondisi intervensi adalah 0%. Kesimpualan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media flipchart terhadap kemampuan toilet training siswa tunagrahita sedang. Saran dari penelitian ini antara lain : (1) berikan teknik pembelajaran dan media yang efektif sehingga siswa tunagrahita sedang dapat belajar dengan antusias dan diterima secara optimal, (2) bagi orang tua penggunaan media dapat dijadikan sebagai alternatif untuk memberikan pengaruh pembelajaran bagi kemampuan bina diri toilet training anak tunagrahita sedang saat dirumah (3) perlu diadakan penelitian mendasar dalam kemampuan toilet training.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119777

Actions (login required)

View Item View Item