Hidroponik sistem sumbu sebagai media pembelajaran keterampilan menanam sayur bagi siswa tunarungu kelas VII di SLB Negeri 1 Blitar / Annisa Dwi Ristanti

Ristanti, Annisa Dwi (2019) Hidroponik sistem sumbu sebagai media pembelajaran keterampilan menanam sayur bagi siswa tunarungu kelas VII di SLB Negeri 1 Blitar / Annisa Dwi Ristanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ristanti, Annisa Dwi.2019. Hidroponik Sistem Sumbu Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Menanam Sayur Bagi Siswa Tunarungu Kelas VII Di SLB Negeri 1 Blitar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Ir. Endro Wahyuno, M.Si, (2) Drs. M. Shodiq AM, M.Pd Kata kunci : Tunarungu, Hidroponik, Keterampilan Menanam Sayur Program keterampilan menanam adalah suatu terapi dan pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus untuk dilatih merawat tanaman hidup, menanam dapat mengajarkan siswa tunarungu bertanggungjawab dan mandiri dalam kehidupan sehari-harinya. Namun banyak siswa yang kurang bersemangat dalam pelajaran menanam sayur, dikarenakan kotor dan juga menjijikan, untuk itu guru membutuhkan metode baru untuk menarik perhatian siswa dalam belajar menanam sayur. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media tanam hidroponik sistem sumbu pada pembelajaran keterampilan menanam sayur untuk memudahkan guru menerapkan pengembangan materi ajar untuk siswa, selain itu hidroponik sistem sumbu dapat meningkatkan keterampilan menanam sayur, serta dapat menarik perhatian siswa dalam belajar menanam sayur. Penelitian dan pengembangan hidroponik sistem sumbu mengadaptasi metode pengembangan Sugiyono yang meliputi 10 langkah dan disederhanakan menjadi 7 langkah, meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk dan revisi produk. Subyek validasi terdiri dari ahli media, ahli materi dan praktisi. Sedangkan subyek uji coba produk yaitu siswa tunarungu yang berjumlah 7 orang siswa kelas VII SMPLB 1 Blitar. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa validasi ahli media diperoleh rerata 87,5%, validasi ahli materi diperoleh skor rata-rata 92,5% dan validasi praktisi diperoleh skor 96,25%. Dari ketiga hasil tersebut menunjukkan sangat valid dapat digunakan tanpa perbaikan. Sementara itu, hasil uji coba individual diperoleh skor 83, uji coba klasikal diperoleh skor 72. Dari kedua uji coba tersebut menunjukkan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran keterampilan menanam sayur. Saran hasil pengembangan ini guru hendaknya memahami cara menggunakan media terlebih dahulu sehingga bisa memberikan pendampingan individual pada peserta didik yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran keterampilan menanam sayur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119776

Actions (login required)

View Item View Item