Pengembangan buku panduan fruit juice dalam pembelajaran bina diri siswa tunagrahita kelas IV SDLB Sumber Dharma Kota Malang / Nur Isnaini Kurnia

Kurnia, Nur Isnaini (2019) Pengembangan buku panduan fruit juice dalam pembelajaran bina diri siswa tunagrahita kelas IV SDLB Sumber Dharma Kota Malang / Nur Isnaini Kurnia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurnia, Nur Isnaini. 2019. Pengembangan Buku Panduan Bergambar Fruit Juice dalam Pembelajaran Bina Diri Siswa Tunagrahita Kelas IV di SDLB Sumber Dharma Kota Malang. Skripsi Program Studi S1, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sudarsini, M.Pd, (II) Dr. Henry Praherodiono. S.Si, M.Pd Kata Kunci: Tunagrahita, Media “Buku Panduan Bergambar Fruit Juice”, Bina Diri Tunagrahita adalah mereka yang memiliki kecerdasan di bawah rata-rata dari anak seusianya dan memiliki hambatan intelektual. Tunagrahita juga ditandai dengan ketidakmampuan atau cenderung menarik diri dari interaksi sosial. Anak tunagrahita mengalami kesukaran dalam self regulation atau kemampuan mengatur tingkah laku yang sesuai atau tidak dan yang benar atau salah. Kurangnya media yang digunakan sebagai penunjang pembelajaran akan menjadikan pemahaman materi kurang efektif. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media “buku panduan bergambar fruit juice” dalam pembelajaran bina diri siswa tunagrahita kelas IV di SDLB Sumber Dharma Kota Malang. media ini memuat materi tentang langkah praktis dalam membuat fruit juice yang dikemas secara menarik. Susunan materi dalam media “buku panduan bergambar fruit juice” ini berisi peralatan membuat fruit juice, bahan membuat fruit juice, serta langkah-langkah dalam membuat fruit juice. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan dari Borg dan Gall dengan langkah-langkah pengembangan produk diantaranya: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan, dan penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. Validasi produk dilakukan melalui penilaian dari ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi, serta uji coba kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor yang diperoleh dari validasi ahli media adalah 98,75%, skor validasi ahli materi 98,75%, dan skor ahli praktisi 97,5%. Sedangkan hasil uji coba kelompok diperoleh skor 98% dan ketercapaian KKM berdasarkan hasil posttest sebesar 100 % . Hasil pretest 41,87 % dan posttest 70 % sehingga dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan media “buku panduan praktis membuat fruit juice”terjadi peningkatan ketrampilan dalam membuat “frut juice” bagi siswa tunagrahita kelas IV. Berdasarkan hasil uji coba produk, maka dapat dinyatakan bahwa produk yang dihasilkan valid dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran membuat minuman dingin “fruit juice”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut , maka saran yang harapkan untuk peneliti selanjutnya adalah pengembangan media pada materi selanjutnya dengan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan siswa secara individual agar nantinya siswa dapat memahami konsep pembelajaran sesuai materi yang diajarkan melalui media yang interaktif, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119775

Actions (login required)

View Item View Item