Pengembangan bahan ajar keterampilan menggambar flora bagi anak tunagrahita sedang kelas IV di SDLB-C Dharma Wanita Pare / Damai Dewata Putri

Putri, Damai Dewata (2019) Pengembangan bahan ajar keterampilan menggambar flora bagi anak tunagrahita sedang kelas IV di SDLB-C Dharma Wanita Pare / Damai Dewata Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri, Damai Dewata. 2019. Pengembangan Bajan Ajar Keterampilan Menggambar Flora Bagi Tunagrahita Sedang Kelas IV di SDLB-C Dharma Wanita Pare. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mohammad Efendi, M.Pd, M.Kes. Pembimbing (II) Dr. Sultoni, M.Pd Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Menggambar Flora, Tunagrahita Pemaksimalan kemampuan motorik dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan dan aktivitas, salah satunya adalah dengan kegiatan menggambar. Gambar merupakan sebuah seni rupa berupa coretan yang terorganisir pada bidang yang bersifat dwi-matra atau dua dimensi. Menggambar adalah salah satu kegiatan yang memiliki fleksibilitas tinggi, dimana berbagai rentangan usia dapat melakukan kegiatan ini walaupun dengan tingkah kesulitan yang beragam dan berbeda-beda sesuai tingkat kematangan perkembangan seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah Menghasilkan bahan ajar sebagai suplemen buku ajar utama untuk aktivias menggambar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dengan hambatan intelektual, khususnya peserta didik dengan hambatan intelektual pada tingkat dasar kelas 4 di SLB Dharma Wanita Pare. Menghasilkan bahan ajar yang memiliki desain menarik, sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar menggambar. Menghasilkan bahan ajar pada aktivitas menggambar dengan metode sederhana (4-5langkah) dalam keterampilan menggambar. Bahan ajar ini dikembangkan berdasarkan kajian teknologi pembelajaran dengan mengacu pada rancangan pembelajaran model Dick dan Carey. Prosedur pengembangan model hanya dilakukan sebanyak sembilan langkah. Bahan ajar keterampilan menggambar flora diperuntukkan untuk semester gasal pada jenjang kelas IV sekolah dasar luar biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli media menunjukkan skor rerata 98%, analisis data validasi ahli pembelajaran menunjukkan skor 97,5%, dan Hasil analisis data validasi ahli materi menunjukkan skor sebesar 97%. Dari ketiga hasil tersebut merujuk pada kriteria sangat valid, sangat efektif, dapat digunakan tanpa beberapa perbaikan. Data tersebut di atas dihitung menggunakan rumus dari Akbar. Hasil uji coba pada tiga siswa tunagrahita sedang kelas IV di SDLB-C Dharma Wanita Pare dihitung mneggunakan Uji t untuk mengetahui keefektifan bahan ajar. Nilai t teoritik untuk taraf kepercayaan 95% dan df 2 tes satu ekor adalah 2,920. Nilai t hitung (15,9) ≥ tabel (2,920). Oleh karena itu, diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar keterampilan menggambar flora untuk tunagrahita sedang kelas IV di SDLB Dharma Wanita efektif mendampingi kegiatan pembelajaran siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sebelum menerapkan bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran, guru disarankan untuk memahami bahan ajar keterampilan menggambar terlebih dahulu sehingga bisa memberikan pendampingan individual pada siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran keterampilan menggambar flora.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119774

Actions (login required)

View Item View Item