Pengembangan multimedia interaktif cara menyikat gigi untuk anak tunagrahita di SMPLB ABCD PGRI Kalipuro Banyuwangi / Dini Min Ayatin Badriyah

Badriyah, Dini Min Ayatin (2019) Pengembangan multimedia interaktif cara menyikat gigi untuk anak tunagrahita di SMPLB ABCD PGRI Kalipuro Banyuwangi / Dini Min Ayatin Badriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Min AyatinBadriyah, Dini. 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif Cara Menyikat Gigi UntukAnakTunagrahita di SMPLB ABCD PGRI KalipuroBanyuwangi. Skripsi, JurusanPendidikanLuarBiasa, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeri Malang, Pembimbing (I) Dra. Sudarsini, M.Pd, (II) Drs. Abdul Huda, M.Pd. Kata Kunci :Menyikat Gigi, Multimedia Interaktif, Tunagrahita Kemampuanmenyikatgigidenganbenarmerupakansalahsatukompetensi yang harusdimilikianaktunagrahita. Dalam proses pembelajaran program pengembangandiri di SMPLB ABCD PGRI KalipuroBanyuwangi.Sedangkanmotivasibelajaranaktunagrahita di SMPLB ABCD PGRI KalipuroBanyuwangimasihrendah, terbuktidarihasilobservasilangsungdanhasilpre-test yang memiliki rata-rata nilaidibawahnilaiKriteriaKetuntasan Minimal (KKM) yang telahditetapkanoleh SMPLB ABCD PGRI KalipuroBanyuwangiyaitu 70.Makadikembangkan multimedia interaktifcaramenyikatgigidenganbenaruntukanaktunagrahitagunamemberikanalternatifmedia pembelajaran yang dapatmeningkatkanmotivasibelajaranaksehinggamencapaitujuan program pengembangandirianaktunagrahitadalamkemampuanmenyikatgigidenganbenar. Multimedia interaktifdipilihkarenamencakupberbagaimacam media belajar, sepertiteks, gambar, suara, dan video yang digabungkanmenjadisebuah multimedia interaktif. Rancanganpengembangan yang digunakandenganmengikuti model dari Borg and Gall yang telahdimodifikasiyaitusebagaiberikut: 1) Penelitiandanpengumpulan data, 2) Perencanaan, 3) Pengembangandesainprodukawal, 4) Validasiprodukawal, 5) Revisiprodukawal, 6) Ujicobalapangan, dan 7) Revisiprodukakhir. Subyekdalampenelitiandanpengembanganiniadalah 6 siswatunagrahita di SMPLB ABCD PGRI KalipuroBanyuwangi yang belummampumenyikatgigidenganbenar. Penilaiankemampuandanpemahamansiswadinilaimenggunakantestertulis (pre testdanpost test) yang terdiridari 20 butirsoaltentangpengetahuancaramenyikatgigidenganbenar. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapengembangan multimedia interaktifcaramenyikatgigiuntukanaktunagrahitainimemenuhikriteria “SangatLayak”menurutahli media 98,75%, ahlimateri 96,43%, ahlipraktisi 86,67% danhasilpost testmencapainilaikeefektifan 90%.Penggunaan multimedia interaktifcaramenyikatgigiefektifmeningkatkanmotivasibelajardanhasilbelajaranakdalammenyikatgigidenganbenar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119773

Actions (login required)

View Item View Item