Pengembangan multimedia interaktif puzzle scramble untuk menyusun kalimat sederhana siswa tunarungu SMPLB / Alvina Ummu Fauziah Hasyim

Hasyim, Alvina Ummu Fauziah (2019) Pengembangan multimedia interaktif puzzle scramble untuk menyusun kalimat sederhana siswa tunarungu SMPLB / Alvina Ummu Fauziah Hasyim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hasyim, Alvina Ummu. 2019. “Pengembangan Multimedia Interaktif Puzzle Scramble Untuk Menyusun Kalimat Sederhana Siswa Tunarungu Kelas VIII SMPLB”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti, M. Pd (2) Dr. Henry Praherdhiono, S. Si., M. Pd. Kata kunci : pengembangan, multimedia interaktif, puzzle scramble, tunarungu Hambatan yang dimiliki oleh siswa tunarungu menjadi penyebab utama minimnya kosakata yang diperoleh oleh peserta didik. Ketunarunguan berdampak terhadap informasi pendidikannya. Kemampuan siswa tunarungu kelas VIII di SMPLB Negeri Kota Pasuruan dalam menyusun kalimat masih tergolong rendah. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti sebelum mengembangkan media, siswa mengalami kesulitan dalam menyusun kalimat sederhana dikarenakan kurangnya media yang dapat menunjang pembelajaran siswa. Media pembelajaran merupakan alat perantara yang berfungsi sebagai motivasi siswa dalam belajar. Pemilihan media pembelajaran perlu memiliki nilai hiburan supaya siswa dapat tertarik minat dan perhatiannya. Berdasarkan observasi di lapangan, peneliti mengembangkan multimedia interaktif puzzle scramble dengan tujuan siswa dapat memahami cara menyusun kalimat sederhana dan mencapai tujuan pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) yang terdiri dari 10 tahapan dan disederhanakan menjadi 7 tahapan yakni: (1) potensi masalah; (2) pengumpulan data; (3) Desain Produk; (4) validasi produk awal (5) revisi produk awal; (6) Uji coba produk; (7) Revisi produk akhir. Analisis data menggunakan analisis deskriptif berupa jenis data kuantitatif berdasarkan instrumen validasi ahli media, ahli materi, ahli praktisi (guru) dan audiens (siswa). Hasil penelitian dan pengembangan multimedia interaktif puzzle scramble kalimat sederhana ini menunjukkan bahwa multimedia ini layak digunakan sebagai media pembelajaran oleh ahli media dengan skor perolehan 96 %, layak oleh ahli materi dengan perolehan skor 83 %, layak oleh ahli praktisi dengan perolehan skor 88 %. Hasil uji coba produk pada 3 siswa tunarungu rata-rata nilai 86,6 telah mencapai nilai Standar Kelulusan Maksimal (SKM). Kesimpulan dari penelitian ini adalah, media layak guna/valid dan efektif bagi siswa tunarungu SMPLB kelas VIII. Saran bagi pengembang selanjutnya adalah merancang media dengan melihat kebutuhan siswa dan menyesuaikan dengan karakteristik siswa serta Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada kurikulum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119771

Actions (login required)

View Item View Item