Pengaruh penggunaan media tangga pintar untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung sederhana pada siswa tunagrahita kelas 2 di SDLB Idayu 2 Pakis / Nurul Khikmah Maulidiyah

Maulidiyah, Nurul Khikmah (2019) Pengaruh penggunaan media tangga pintar untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung sederhana pada siswa tunagrahita kelas 2 di SDLB Idayu 2 Pakis / Nurul Khikmah Maulidiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulidiyah, Nurul Khikmah. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Tangga Pintar Untuk Meningkatkan Operasi Hitung Sederhana Pada Siswa Tunagrahita Kelas II di SDLB Idayu 2 Pakis. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sudarsini, M.Pd (2) Sopingi, S.Sos, M.Pd. Kata Kunci : Tunagrahita, media tangga pintar, operasi hitung sederhana Siswa tunagrahita ringan adalah siswa yang memiliki tingkat kecerdasan di bawah siswa regular sehingga tidak mampu mengikuti program pendidikan di sekolah regular namun masih memiliki kemampuan yang dapat dikembangkan melalui pendidikan meskipun hasilnya kurang maksimal karena minimnya pemahaman mereka terhadap materi pelajaran, termasuk pada mata pelajaran matematika mengenai kemampuan operasi hitung sederhana 1 sampai 10 yang meliputi penjumlahan dan pengurangan. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan mengingat mereka mengalami keterbatasan dalam pembelajaran bersifat abstrak. Salah satu media pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam operasi hitung penjumlahan dan pengurangan adalah media tangga pintar. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kemampuan berhitung penjumlahan 1 sampai 10 sebelum diberikan media tangga pintar pada siswa tunagrahita kelas II di SDLB Idayu 2 Pakis, 2)Mendeskripsikan kemampuan berhitung penjumlahan 1 sampai 10 setelah diberikan media tangga pintar pada siswa tunagrahita kelas II di SDLB Idayu 2 Pakis, 3)Mendeskripsikan pengaruh media tangga pintar pada kemampuan berhitung 1 sampai 10 siswa tunagrahita kelas II di SDLB Idayu 2 Pakis. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, meggunakan desain Quasi Experiment atau eksperimen semu dengan model satu kelompok Pretest-Posttest (One Group-Pretest-Posttest Design). Instrumen yang digunakan berupa tes. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, melakukan pre-test, treatment,post-test. Analisis data menggunakan Wlcoxon. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II tunagrahita ringan yang berjumlah 7 siswa, dengan rincian 4 siswa laki – laki dan 3 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan perolehan nilai rata-rata pada tahap pre-test yaitu 58,6 sedangkan perolehan rata-rata nilai pada tahap post-test meningkat menjadi 80 setelah diberikan perlakuan. Kesimpulan dari penelitian, sebelum menggunakan media tangga pintar, kemampuan operasi hitung sederhana penjumlahan dan pengurangan siswa tunagrahita ringan masih dibawah rata-rata. Setelah memanfaatkan media tangga pintar, terjadi peningkatan dalam kemampuan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Siswa juga lebih pahan tanda penjumlahan dan pengurangan. Saran untuk guru, diharapkan dapat mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki anak Tunagrahita dengan cara mengoptimalkan indra lain yang masih berfungsi. Cara mengoptimalkan dapat dilakukan dengan memfasilitasi pembelajaran dengan menggunakan media ataupun metode yang kreatif dan menarik. Media tangga pintar dalam pembelajaran Matematika dapat diterapkan untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan operasi hitung sederhana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119767

Actions (login required)

View Item View Item