Pengembangan buku panduan sanitasi kandang ternak puyuh dan K3 bagi tunagrahita SMALB di SLB PTN Bagian C Malang / Rizky Amalia Rosyidi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku panduan sanitasi kandang ternak puyuh dan K3 bagi tunagrahita SMALB di SLB PTN Bagian C Malang / Rizky Amalia Rosyidi

Rosyidi, Rizky Amalia (2019) Pengembangan buku panduan sanitasi kandang ternak puyuh dan K3 bagi tunagrahita SMALB di SLB PTN Bagian C Malang / Rizky Amalia Rosyidi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosyidi Rizky Amalia. 2019. Pengembangan Buku Panduan Sanitasi Kandang Ternak Puyuh dan K3 Bagi SMALB Tunagrahita di SLB PTN Bagian C Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Abdul Huda M.Pd (2) dr. Agung Kurniawan M.Kes Kata Kunci Sanitasi Kandang Ternak Puyuh dan K3 Buku Panduan SMALB Tunagrahita Bahan ajar yang sesuai sebagai sumber belajar siswa merupakan hal yang sangat mempengaruhi pencapaian kompetensi siswa termasuk di dalamnya siswa tunagrahita. Siswa tunagrahita memerlukan bahan ajar yang sesuai dengan karakteritik yang di miliki agar lebih mudah diterima dan dipahami. Aktivitas kognitif yang rendah pada tunagrahita mengakibatkan perlunya pengulangan pada setiap instruksi yang diterima agar mereka dapat memahami instruksi terebut. Karakteristik tersebut mendorong guru untuk menginovasikan bahan ajar agar sesuai untuk siswa tunagrahita untuk menarik minat belajar siswa. Pengembangan buku panduan sanitasi kandang ternak puyuh dan K3 ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar yang dapat memenuhi kebutuhan siswa tunagrahita terkait dengan keterampilan peternakan. Produk juga bertujuan untuk menimbulkan motivasi belajar pada diri siswa dan meningkatkan kemampuannya dalam melakukan kegiatan sanitasi kandang ternak puyuh. Rancangan penelitian produk menggunakan Research and Development (R D). Populasi dari penelitian ini adalah siswa tunagrahita yang mengikuti pembelajaran keterampilan peternakan yang terdiri dari 4 siswa. Prosedur penelitian meliputi (a) identifikasi kebutuhan (b) perumusan tujuan (c) perumusan materi (d) perancangan bahan ajar (e) produksi 1 (f) validasi (g) uji coba (h) revisi produk. Analaisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan jenis data kuantitatif berdasarkan angket validasi ahli materi ahli bahan ajar ahli pembelajaran ahli bahasa instruktur dan siswa. Hasil penelitian pegembangan buku panduan sanitasi kandang ternak puyuh dan K3 bagi siswa tunagrahita ini menunjukkan bahwa bahan ajar dinyatakan layak oleh ahli materi dengan persentase 73 2% sangat layak oleh ahli media dengan skor 96 4% sangat layak oleh ahli pembelajaran dengan skor 100% sangat layak oleh ahli bahasa dengan skor 88% sangat layak oleh instrukur dengan skor 91%. Dari kelima hasil validasi yang telah dilakukan diperoleh rata-rata sebesar 89 72% yang menyatakan bahan ajar layak untuk digunakan. Uji coba yang dilakukan kepada siswa melalui tes diperoleh pesentasenya sebesar 89%. Produk buku panduan disusun sesuai dengan kompetensi pencapain dan karakteritik siswa tunagrahita. Buku panduan sanitasi kandang puyuh dan K3 dibut semenarik mungkin dengan menambahkan foto dan kartun burung puyuh di dalamnnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/119763

Actions (login required)

View Item View Item