Penggunaan permainan scrabble dalam penguasaan kosakata bahasa Jerman pada siswa kelas XI Program Bahasa di SMA Negeri 7 Malang / Nurul Fitri Mahardhika - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan permainan scrabble dalam penguasaan kosakata bahasa Jerman pada siswa kelas XI Program Bahasa di SMA Negeri 7 Malang / Nurul Fitri Mahardhika

Mahardhika, Nurul Fitri (2015) Penggunaan permainan scrabble dalam penguasaan kosakata bahasa Jerman pada siswa kelas XI Program Bahasa di SMA Negeri 7 Malang / Nurul Fitri Mahardhika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahardhika Nurul Fitri. 2015. Penggunaan Permainan Scrabble dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman pada Siswa Kelas XI Program Bahasa SMA Negeri 7 Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Iwa Sobara S.Pd. M.A. (II) Desti Nur Aini S.S. M.Pd. Kata Kunci permainan Scrabble kosakata Bahasa Jerman Kurikulum 2013 menuntut siswa untuk dapat berpikir secara kritis dan update mengenai mata pelajaran yang mereka hadapi. Salah satu dari lima komponen kurikulum adalah media pembelajaran. Namun penggunaan media pembelajaran masih kurang bervariatif sehingga prestasi belajar siswa menjadi kurang memuaskan. Media Scrabble adalah salah satu media pembelajaran yang dapat dipakai dalam pembelajaran di kelas khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Jerman. Tujuan penelitian ini adalah 1) menjelaskan hasil penerapan media permainan Scrabble terhadap penguasaan kosakata Bahasa Jerman pada siswa kelas XI program Bahasa SMA Negeri 7 Malang dan 2) mengetahui penerapan media permainan Scrabble terhadap penguasaan kosakata Bahasa Jerman pada siswa kelas XI program Bahasa SMA Negeri 7 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini bersumber dari hasil observasi yang dilakukan oleh rekan sejawat dan guru pengajar mata pelajaran Bahasa Jerman dan angket yang diisi oleh siswa kelas XI program Bahasa. Berdasarkan data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan media permainan Scrabble dapat membantu siswa dalam proses belajar mengajar serta meningkatkan prestasi belajarnya khususnya dalam penguasaan kosakata Bahasa Jerman. Hasilnya kemampuan mengingat kosakata siswa dapat lebih meningkat setelah menggunakan media Scrabble

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11974

Actions (login required)

View Item View Item