Penerapan model domino dalam pembelajaran keterampilan menulis Bahasa Jerman SMAN Ngoro Jombang / Tiara Fatih Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model domino dalam pembelajaran keterampilan menulis Bahasa Jerman SMAN Ngoro Jombang / Tiara Fatih Maharani

Maharani, Tiara Fatih (2015) Penerapan model domino dalam pembelajaran keterampilan menulis Bahasa Jerman SMAN Ngoro Jombang / Tiara Fatih Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maharani Tiara Fatih. 2015. Penerapan Model Domino dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Jerman SMAN Ngoro Jombang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Deddy Kurniawan S.Pd. M.A. (II) M. Kharis S.Pd. M.Hum. Kata Kunci menulis model Domino SMAN Ngoro Jombang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan akivitas siswa selama proses pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman menggunakan Model Domino di SMAN Ngoro Jombang serta (2) mendeskripsikan respon siswa dan guru terhadap penerapan Model Domino dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman di SMAN Ngoro Jombang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data primer dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar keterampilan menulis dengan menggunakan Model Domino. Data sekunder dalam penelitian ini adalah respon siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan Model Domino. Sumber data tersebut adalah siswa kelas X2 dan guru Bahasa Jerman SMAN Ngoro Jombang. Data tersebut diambil menggunakan teknik observasi wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa mampu membuat karangan bahasa Jerman dengan baik menggunakan Model Domino. (2) siswa aktif pada saat proses belajar mengajar. (3) Model Domino adalah sebuah model pembelajaran yang baru dan mudah untuk diterapkan. (4) siswa senang mengikuti proses pembelajaran menggunakan model domino. (5) pembelajaran keterampilan menulis tersebut juga terasa menyenangkan karena guru mampu memberikan penjelasan dengan baik dan memotivasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Domino sudah tepat diterapkan dalam keterampilan menulis bahasa Jerman. Proses penerapan model Domino berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu siswa juga menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam membuat karangan bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11968

Actions (login required)

View Item View Item