Penerapan teknik permainan secret messages (pesan rahasia) untuk penguasaan kosakata Bahasa Jerman kelas X IBBU SMA Negeri 7 Malang / Rizkicha Dyantari Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teknik permainan secret messages (pesan rahasia) untuk penguasaan kosakata Bahasa Jerman kelas X IBBU SMA Negeri 7 Malang / Rizkicha Dyantari Putri

Putri, Rizkicha Dyantari (2015) Penerapan teknik permainan secret messages (pesan rahasia) untuk penguasaan kosakata Bahasa Jerman kelas X IBBU SMA Negeri 7 Malang / Rizkicha Dyantari Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Rizkicha Dyantari. 2015. Penerapan Teknik Permainan Secret Messages (Pesan Rahasia) untuk Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman Kelas X IBBU SMA Negeri 7 Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Rizman Usman M. Pd. (II) Dra. Rosyidah M. Pd. Kata Kunci Kosakata Teknik Permainan Secret Messages (Pesan Rahasia) Penguasaan kosakata merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran bahasa asing. Hasil pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran siswa kelas X IBBU SMA Negeri 7 Malang menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam mempelajari kosakata bahasa Jerman. Beberapa faktor yang diduga sebagai penyebabnya adalah kurang variatifnya model strategi atau teknik yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menerapkan teknik permainan Secret Messages (Pesan Rahasia). Teknik ini sangat baik karena dapat membantu siswa melatih kecermatan dalam membaca pesan menguasai kosakata dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan awal inti akhir dan hasil penerapan teknik permainan Secret Messages (Pesan Rahasia) untuk penguasaan kosakata siswa kelas X IBBU SMA Negeri 7 Malang. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan teknik permainan Secret Messages (Pesan Rahasia). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data diambil melalui teknik observasi wawancara dan disertai dokumen berupa foto-foto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IBBU SMA Negeri 7 Malang yang berjumlah 13 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif. Dalam penelitian ini digunakan uji keabsahan data dengan triangulasi teknik. Hasil observasi dan wawancara pada penelitian ini menunjukkan bahwa siswa tampak antusias mengikuti permainan. Siswa juga tampak bekerja sama dengan baik bersama teman satu kelompoknya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan teknik permainan Secret Messages (Pesan Rahasia) efektif dan dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Jerman selanjutnya. Akan tetapi teknik permainan ini kurang efisien apabila diterapkan di dalam kelas yang hanya berlangsung selama satu jam pelajaran (45 menit) karena waktu yang dibutuhkan siswa untuk mengerjakan soal-soal dalam kartu permainan relatif lama. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru bahasa Jerman untuk menggunakan teknik permainan Secret Messages (Pesan Rahasia) sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan lebih banyak teknik pembelajaran untuk pembelajaran kosakata. Dengan demikian teknik pembelajaran bahasa Jerman akan lebih variatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11966

Actions (login required)

View Item View Item