Penggunaan media kimspiel dalam pembelajaran kosakata dan tata bahasa Jerman siswa kelas X di SMA Laboratorium UM / Steffianasia Ekawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media kimspiel dalam pembelajaran kosakata dan tata bahasa Jerman siswa kelas X di SMA Laboratorium UM / Steffianasia Ekawati

Ekawati, Steffianasia (2015) Penggunaan media kimspiel dalam pembelajaran kosakata dan tata bahasa Jerman siswa kelas X di SMA Laboratorium UM / Steffianasia Ekawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ekawati Steffianasia. 2015. Penggunaan Media Kimspiel dalam Pembelajaran Kosakata dan Tata Bahasa Jerman pada Siswa Kelas X di SMA Laboratorium UM. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Iwa Sobara S.Pd. M.A. (II) Deddy Kurniawan S.Pd. M.A. Kata Kunci Media Pembelajaran Kimspiel Pembelajaran Bahasa Jerman Untuk dapat berbicara bahasa Jerman dengan lancar maka diperlukan kosakata yang banyak. Akan tetapi peserta didik mengalami beberapa faktor penghambat atau kesulitan ketika belajar bahasa Jerman. Kebanyakan peserta didik berpendapat bahwa bahasa Jerman merupakan mata pelajaran yang rumit dengan struktur dan tata bahasa serta kosakata yang sulit untuk dipahami. Selain itu siswa merasa kesulitan dalam mempelajari dan menghafal kosakata bahasa Jerman. Hal ini disebabkan oleh minimnya media yang disediakan dan diterapkan oleh pendidik selama proses pembelajaran berlangsung. Media Kimspiel pada penelitian ini digunakan dalam pembelajaran bahasa Jerman khususnya untuk melatih kosakata dan tata bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media Kimspiel dalam pembelajaran kosakata dan tata bahasa Jerman oleh siswa kelas X SMA Laboratorium UM. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini berupa aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar dan reaksi siswa sedangkan sumber data pada penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan menggunakan media Kimspiel dan siswa kelas X SMA Laboratorium UM tahun ajaran 2014/2015. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa penggunaan media Kimspiel dalam pembelajaran kosakata dan tata bahasa bahasa Jerman dapat membantu meningkatkan daya ingat siswa dalam mempelajari kosakata bahasa Jerman khususnya yang berkaitan dengan tema Schulsachen. Selain itu siswa menjadi lebih aktif dan bersemangat pada saat pembelajaran berlangsung serta kondisi kelas menjadi lebih kondusif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/11961

Actions (login required)

View Item View Item